Gaung menyambut Asian Games 2018 sudah mulai terasa. Masyarakat diajak untuk ikut serta dalam mendukung dan memeriahkan ajang bergengsi dalam bidang olahraga tingkat Asia. Yang tak lupa dilirik: para penggiat media sosial.

Senin lalu (4/6/2018) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengajak para penggiat media sosial, blogger, vlogger, blogger dan jurnalis mengunjungi Pelatnas Asian Games 2018. Senang sekali saya mewakili Bugaraga menjadi bagiannya dan Menpora Imam Nachrawi sendiri yang menjadi pemandu rombongan.

Menpora Imam Nachrawi swa-foto bersama para penggiat media sosial (Kredit: Tim Komunikasi Menpora)

 

Terdapat tiga titik tujuan, yaitu arena Panahan yang berlokasi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) lapangan B, Akuatik (runtuk cabang olahraga Renang, Loncat Indah, dan Polo Air), serta lapangan Atletik yang juga dikenal dengan Stadion Madya. Bukan sampai disitu saja, kami pun diajak menengok Chandra Wijaya International Badminton Center yang terletak di Serpong, Tanggerang Selatan.

Selain mendapatkan kesempatan melihat arena dari cabang olahraga yang disebutkan di atas, kami semua juga mendapat privilese menyaksikan para atlet yang sedang latihan mempersiapkan diri untuk kompetisi yang sudah di depan mata.

Salah satu yang saya nantikan tentu saja menginjak lapangan Atletik yang juga disebut lapangan Madya. Saat menginjak kembali tempat tersebut, ada rasa kagum melihat bangunan yang dahulu terlihat tua kini menjelma jauh lebih bagus dan modern.

OPTIMIS MERAIH MEDALI EMAS

Masih ingat ajang SEA Games yang lalu? Kita semua terpukau oleh penampilan dari atlet jalan cepat Hendro Yap, yang berhasil memecahkan rekor di cabang olahraga ini. Atletik berhasil meraih 15 medali dari cabang atletik di SEA Games. Penampilan berkilau dari nomer ini membangkitkan rasa percaya diri Indonesia dapat kembali bersinar di Asian Games 2018 nanti.

Indonesia mengirimkan 16 atlit di cabang olahraga Atletik. Persiapan yang dilakukan sudah cukup matang, bahkan atlet kita telah mendapat pelatihan khusus di Amerika Serikanselama satu bulan lamanya dengan Harry Marra sebagai konsultan.

Saat kami berkunjung, para atlet sedang melakukan pemanasan. Sayangnya saya Agus Prayogo sedang tidak ada di sana. Ada satu atlet wanita yang memiliki wajah yang cantik dan postur tubuh yang tinggi dan atletis. Dia adalah Emilia Nova, atlet lari gawang 100 meter. Sayangnya saya dan teman-teman tidak bisa melakukan sesi wawancara karena Emilia masih fokus menjalani latihan.

Tim atletik Indonesia menargetkan untuk menggondol 2 medali emas. Agar lebih matang lagi menghadapi ajang Asian Games ini, tim atletik Indonesia akan menjalani pusat pelatihan di Korea Selatan pada tanggal 14-18 Juni 2018 nanti. Mereka yang berangkat adalah dari disiplin nomor 100 meter dan 4x 100 meter putra, lari 110 meter gawang putra, lompat jauh putra, lari 100 meter gawang putri, dan tolak peluru putri.

Tim Grup Putra (Kredit: Tim Komunikasi Menpora)

Yang ditemui saat itu memang baru sebagian kecil yang akan bertanding dalam Asian Games 2018. Selain di Jakarta, ada juga atlet yang berlatih di Bali. Nama Suwandi sempat disebut oleh Emilia Nova.

Kredit: Tim Komunikasi Menpora

Sebenarnya bukan hanya Atletik, cabang olahraga lain pun membuat penasaran. Ingin juga menengok para atlet Bulu Tangkis dan atlet Renang yang kita semua tahu prestasinya membanggakan Indonesia. Untungnya sebagian dari harapan lumayan terpenuhi. Semoga bisa juga mengintip latihan cabang olahraga lainnya.

Atlet kita sedang berupaya keras berjuang demi merah putih dan perlu diapresiasi. Saya dan Bugaraga mengajak teman-teman bersama-sama mendukung ajang ini berjalan sukses dan membanggakan nama Indonesia. #AyoIndonesia dukung #AsianGamesKita!

One thought on “Mengintip Persiapan Cabang Atletik untuk Asian Games 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *