Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga agar tubuh tetap bugar dan tidak gampang sakit. Ada banyak manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh.

Permasalahan yang muncul akhir–akhir ini adalah seiring dengan kesibukan maka waktu olahraga di jam normal pun menjadi sulit untuk dilakukan. Sebagian orang lalu memilih berolahraga di malam hari untuk mengganti waktu olah raga di pagi hari.

Masalah lain yang muncul adalah, olahraga di malam hari justru bisa menjadi bahaya.

Bahaya olahraga malam disebabkan oleh beberapa faktor:

Lebih rentan cedera
Olahraga di malam hari setelah beraktifitas sebelumnya justru membuat kita lebih rentan cidera. Hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh yang sebelumnya sudah lelah.

Menurunkan daya tahan tubuh
Berolahraga di malam hari setelah menjalani aktifitas padat di siang hari justru bisa membuat daya tahan tubuh melemah karena faktor kelelahan.

Jika ditambah dengan olahraga, maka akan lebih banyak lagi energi yang terbuang tanpa jeda istiraha yang cukup.

Gangguan pernafasan
Di malam hari, jumlah oksigen jauh lebih sedikit daripada siang hari. Padahal, olahraga membutuhkan oksigen dalam jumlah lebih banyak agar pernapasan dan aliran darah ke jantung lancar.

Keterbatasan okisen tersebut bisa mengakibatkan sesak napas atau gangguan pernapasan lainnya.

Insomnia
Dalam beberapa kasus, olahraga malam hari justru menjadi penyebab susah tidur. Hal itu biasanya terjadi karena setelah berolahraga denyut jantung dan suhu tubuh meningkat sehingga membuat beberapa orang menjadi lebih waspada dan susah tidur.

Penurunan hormon
Hal ini berkaitan dengan akibat kelelahan setelah berolahraga itu sendiri.

One thought on “Waspadai Bahaya Olahraga Malam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *