Pada pertengahan Juli yang lalu, banyak dari kalangan pelari di Indonesia yang terkejut bahwa pendaftaran 2XU Compression Run Indonesia sudah ditutup. Hanya dalam waktu 27 jam, slot yang dibuka di periode Flash Sale sudah habis terjual secara keseluruhan.

Peserta 2XU Compression Run Indonesia 2018 lebih banyak 40% dari tahun sebelumnya, namun tetap saja laris manis sesaat setelah pendaftaran dibuka. Lebih dari 8.450 pelari akan berlari bersama tanggal 2 Desember 2018 dengan tiga kategori: Half Marathon (21K), 10K, dan 5K.

Kategori Half Marathon sepertinya menjadi primadona para pelari. Dari total jumlah di atas, sebanyak 4.300 peserta berada di jarak ini.

Buat kamu yang mengikuti 2XU Compression Run, berikut 7 hal penting seputar lomba yang wajib dicatat:

JADWAL PEMBAGIAN PAKET LOMBA

Tanggal 23-25 November pukul 11.00-18.00 WIB di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka. Seperti yang diungkapkan oleh Bertha Gani dari RunID, race management di lomba ini, bahwa pembagian pengambilan paket lomba (race pack) untuk peserta sudah diatur dengan arahan melalui  pemberitahuan.

PENGATURAN WAKTU START TIAP KATEGORI

Untuk menghindari penumpukan peserta saat start, maka dibuat pengaturan waktu start tiap kaetgori jarak lomba. Tahun ini terdapat 8.450 pelari yang akan berpartisipasi di tiga kategori jarak 2XU Compression Run Indonesia 2018. Untuk membgurangi jumlah penumpukan jumlah pelari di lintasan lomba, rentang start untuk tiap kategori jarak dibuat tidak berdekatan.

Start Half Marathon dimulai pukul 5.00 WIB. Sedangkan waktu start untuk 10K adalah 5.45 WIB, dan untuk jarak 5K adalah pukul 6.00 WIB.

PENGATURAN HIDRASI

Seperti tahun sebelumnya, Pocari Sweat akan hadir di 2XU Compression Run Indonesia sebagai penyuplai minuman isotonik dan air mineral. Minuman bagi pelari ditempatkan sebanyak 1 titik sebelum start, 10 titik di lintasan lomba yang terbagi setiap 2 KM, dan 1 titik di lokasi refreshment race village. Setiap pelari akan mendapat hidrasi setiap 2 km.

“Pocari Sweat akan menyediakan 29.418 liter minuman untuk semua pelari yang berpartisipasi di 2XU Compression Run Indonesia 2018.”, ujar Gading Santoro. Head of Sport Partnership Pocari Sweat. Dengan kata lain, jatah hidrasi bagi setiap pelari di 2XU Compression Run Indonesia adalah sebanyak 3,5 liter.

AREA REFRESHMENT

Setelah berlomba, para pelari biasanya ingin beristirahat dan juga melakukan foto selebrasi penamatan lomba. Setelah keluar dari garis finish, para pelari masuk ke area refreshment dan pengambilan medali, kemudian masuk ke area pengambilan Finisher Tee untuk kategori Half Marathon.

Setelah mengambil kaos penamat, para peserta yang sudah menyelesaikan lomba bisa memanfaatkan booth dari para sponsor. Area yang pertama akan dilihat para pelari adalah dari tenda Pocari Sweat, tenda dari Honda, dan juga tenda Astra Life.

Bugaraga bersama Gofit juga akan menyediakan area photobooth di lokasi media, agar para pelari dapat memaksimalkan selebrasi penamatan lomba dengan foto.

LIVE LED SCREEN

Sekarang kita bisa menyaksikan area garis finish melalui LED screen di 2 titik. Semua pelari yang melalui garis finish akan terekam kamera live streaming yang akan terhubung ke screen 1 dan screen 2 yang masih berada di race village. Jadi jika ingin mengetahui siapa saja yang sudah finish dapat menunggu di area LED Screen.

RUNDOWN LOMBA

Karena pukul 5.00 WIB para pelari kategori Half Marathon sudah mulai start, sebaiknya peserta sudah mulai memasuki area sekitar pukul 4.00 WIB. Berikut rangkaian acara pada hari lomba:

04:00 Bag Storage open

04:15 Start Area for 21.1K Category open

05:30 Warming up

04:40 National anthem

04:50 Representative of 2XU’s speech

05:00 21.1K Flag Off

05:45 10K Flag Off

06:00 10K Flag Off

06:17 First runner of 5K expected to finish

06:20 First runner of 10K expected to finish

06:21 First runner of 21.1K expected to finish

08:30 Award presentation, result, entertainment

09:30 Bag Store close

10:00 Event close

PERLINDUNGAN LOMBA

Para pelari diberikan perlindungan asuransi yang sudah disesuaikan degan kebutuhan pelari oleh PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life) – Official Life Insurance Partner – selama berlomba. Perlindungan yang diberikan Astra Life berupa perlindungan ketika membutuhkan pelayanan medis akibat cedera otot. Dehidrasi, maupun saat mengalami heat stroke. Perlindungan ini bertujuan agar peserta dapat lebih enjoy menikmati lomba serta fokus menyelesaikan target waktu yang sudah ditentukan.

Untuk perlindungan perawatan saat berolahraga dan setelahnya, Astra Life juga meluncurkan produk asuransi olahraga pertama di Indonesia: iSport Protection. Produk ini pertama kali diperkenalkan ke masyarakat pada saat flash sale 2XU Compression Run Race Tickek tanggal 25 Juli yang lalu. Pelari yang membutuhkan perlindungan rawat jalan akibat cedera, biaya fisioterapi, dan santunan patah tulang dapat memanfaatkan produk iSport ini.

Lomba lari 2XU Compression Run yang diadakan di Indonesia sebagai bagian dari rangkaian lomba lari yang sudah diselenggarakan oleh 2XU di Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Lomba ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman berlomba yang baik yang dapat dinikmati oleh para peserta lomba. Harapan dari penyelenggara, melalui lomba ini para peserta dapat berlomba dengan aman dan nyaman.

Demikian informasi yang dapat diberikan oleh Bugaraga. Untuk yang lainnya bisa dilihat di race guide yang akan dibagian dalam paket lomba.

Apakah kamu sudah siap menghadapi 2XU Compression Run 2018? Sampai ketemu di hari lomba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *