Pliometrik merupakan jenis olahraga yang bisa membakar kalori lebih banyak sekaligus melatih kelincahan tubuh.

latihan pliometrik adalah jenis olahraga yang mengharuskan Anda untuk melompat atau bergerak aktif. Olahraga ini bisa dilakukan tanpa atau dengan alat bantu, misalnya melompat ke atas kotak atau box, lompat tali, squatting sambil memegang bola, dan sebagainya.

Karena pliometrik didominasi oleh gerakan melompat yang berulang-ulang, maka tubuh Anda akan banyak menumpu pada kekuatan kaki. Gerakan ini bermanfaat untuk meningkatkan refleks peregangan pada kaki Anda.

Setiap kali Anda mendarat dari melompat, otot-otot paha akan meregang dan kemudian berkontraksi lagi untuk lompatan berikutnya. Akibatnya, lompatan yang kedua dan seterusnya akan jauh lebih tinggi dan lebih kuat.

Sama seperti jenis olahraga lainnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan latihan pliometrik. Ingat, latihan ini termasuk olahraga intensitas tinggi yang sangat rentan dengan risiko cedera.

Karena itu, Anda tidak dianjurkan untuk langsung melakukan latihan pliometrik tanpa melakukan olahraga lainnya terlebih dahulu, setidaknya selama tujuh bulan.

Kalau Anda tidak coba rutin olahraga dulu, otot tubuh (terutama kaki) Anda akan kaget saat menerima banyak tekanan dari latihan pliometrik. Risiko cedera pun tak bisa dihindarkan.

Sebagai permulaan, cobalah untuk rutin berolahraga terlebih dahulu supaya tubuh Anda lebih siap dan bugar.

Misalnya dengan latihan melompat, squatting, dan sebagainya. Jika tubuh Anda sudah terbiasa, lakukan kombinasi olahraga kardio dan latihan kekuatan sebelum Anda beralih ke pliometrik.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *