Bugaraga – Siapa bilang untuk membakar kalori dengan cepat butuh biaya mahal. Hanya dengan melakukan burpee, proses pembakaran kalori lebih cepat, mudah, murah, dan tentu bodygoals bukan lagi sekedar angan belaka. Terdiri dari serangkaian gerakan, mulai dari berdiri, squat, push up, lalu kembali berdiri, serta dilakukan secara berulang, gerakan full body workout ini bisa dilakukan dimana pun. Tak hanya itu, berikut segudang manfaat yang bisa dirasakan dengan melakukan burpee secara rutin.

  1. Meningkatkan koordinasi sekaligus daya tahan tubuh

Rangkaian gerakan yang dilakukan secara berurutan dan diulang-ulang akan membantu meningkatkan koordinasi tubuh, serta melatih fokus dan konsentrasi. Seiring dengan meningkatnya kekuatan otot, maka tubuh juga tidak mudah lelah, sehingga stamina tetap dalam kondisi prima.

  1. Memangkas kalori lebih cepat

Source: self.com

Selain berfungsi untuk memperkuat otot, burpee juga bisa memangkas kalori lebih cepat. Mengapa demikian? Karena dengan melakukan latihan dengan intensitas tinggi, dapat memberikan afterburn effect, di mana dalam waktu maksimal 2×24 jam selesai latihan, tubuh akan membakar kalori lebih cepat daripada kondisi normal.

  1. Memperindah sekaligus memperkuat paha

Source: Positive Health Wellness

Mendambakan paha indah ala Beyonce? Gerakan squat pada burpee dapat memperkuat otot paha bagian belakang (hamstring)  dan juga otot paha bagian depan atau (quadriceps), sehingga paha tampak lebih kencang. Bahkan jika dilakukan secara intens, burpee juga bisa mencegah osteoarthritis, serta mengurangi rasa sakit pada bagian lutut.

  1. Memperbaiki postur tubuh hingga mengurangi sakit punggung

Burpee dapat membantu memperbaiki postur tubuh, karena melibatkan otot bagian tubuh belakang dalam setiap gerakannya. Secara langsung burpee melatih tubuh untuk tegap, sehingga bisa memperbaiki postur tubuh. Rasa pegal di bagian punggung juga bisa berkurang dengan melakukan burpee secara rutin.

  1. Menyehatkan jantung untuk hidup berkualitas

Source: Healthy Magazine

Berdasarkan data yang dihimpun oleh WHO, penyakit jantung merupakan pembunuh pertama di dunia, sehingga segala upaya menjaga kesehatan jantung perlu dilakukan, jika ingin hidup lebih lama serta berkualitas. Dengan burpee misalnya. Pada saat melakukan burpee, sejumlah otot akan bekerja, seperti otot pada bagian belakang badan, otot paha, dan juga betis, sehingga membuat kadar degupan jantung meningkat, sehingga sistem kardiovaskular serta pembuluh darah akan jadi lebih lancar.

Dengan demikian jantung pun akan lebih sehat.

 

Walau terbilang mudah, murah, dan cepat dalam memangkas kalori, niat melakukan burpee secara rutin adalah hal utama.

Semoga bermanfaat.

 

Cover: Fitness World

Rahajeng Kurniawati
A lifelong learner who loves to run and travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *