Bugaraga – Tidur dan istirahat yang cukup diperlukan oleh tubuh agar lebih segar dan dapat beraktivitas kembali. Tak jarang setelah bangun tidur, badan terasa lelah dan pegal-pegal. Anda pernah mengalaminya? Berikut 7 penyebab yang perlu Anda ketahui agar tubuh tak terasa lelah saat akan memulai hari.

  1. Stres Berkepanjangan

Sumber: Dr. Weil

Stres berkepanjangan akan mengganggu kualitas tidur. Secara fisik, tubuh memang tampak tertidur, akan tetapi kondisi otak yang terus aktif akan memicu terjadinya mimpi buruk dan berujung kelelahan saat bangun di pagi hari.Untuk mengatasinya, tuliskan keluh kesah dan perasaan negatif yang mengganggu hari Anda, sehingga Anda bisa tidur dengan “meninggalkan sejenak” permasalahan yang Anda alami.

  1. Melewatkan Olahraga

Tak hanya baik untuk menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal, rutin  berolahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Melakukan aktivitas fisik minimal dua kali seminggu akan membuat tidur lebih nyenyak, karena terlalu banyak energi yang disimpan akan membuat Anda  mudah terbangun di malam hari.

  1. Pola Makan yang Salah

Nutrisi yang tidak seimbang akan menyebabkan organ tubuh tidak dapat melakukan fungsinya dengan maksimal. Sebagai contoh, makanan pedas akan mengganggu tidur karena dapat menimbulkan gangguan pencernaan. Sama halnya dengan kafein yang membuat Anda selalu terjaga di malam hari.

  1. Tidur Larut Malam

Sibuk dengan gadget atau rapel drama seri Korea seringkali membuat Anda “lupa” untuk tidur. Jam tidur yang singkat akan membuat Anda kelelahan di pagi hari, karena tubuh belum cukup waktu untuk kembali memulihkan energi.

  1. Gangguan Ponsel

Sumber: Pulse Headlines

Apa yang Anda lakukan saat menjelang tidur? Kebanyakan orang main ponsel di ranjang sebelum terlelap, selama kurang lebih 20 menit. Bahkan ada yang sampai tertidur. Selain itu, dering notifikasi ponsel yang lupa di silent membuat Anda terbangun dalam momen REM di malam hari. Kualitas tidur yang buruk membuat badan pegal-pegal dan pusing di pagi hari.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi menyebabkan Anda terbangun di pagi hari dengan aroma mulut yang tak sedap. Tak hanya itu, berdasarkan penelitian dari University of Connecticut’s Human Performance Laboratory, menyebutkan bahwa dehidrasi ringan membuat Anda jadi mudah merasa lelah dan sensitif. Hal ini disebabkan karena saat Anda tidur, tubuh akan tetap menyerap cairan yang masuk dalam tubuh di hari itu. Ini artinya, selama 8 jam Anda akan kehilangan cairan tubuh tanpa adanya asupan air tambahan. Jika tubuh tak mendapatkan jumlah air yang cukup, maka level energi Anda akan terkuras.

  1. Kafein

Kafein adalah stimulan yang membuat Anda terjaga, sehingga sulit tertidur. Karena kafein juga memiliki efek diuretik, membuat Anda terbangun tengah malam untuk buang air kecil, sehingga waktu tidur jadi berkurang. Meski memang minum segelas kopi dapat membantu pencernaan agar lebih lancar dan juga membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi, tapi kandungan kafein yang ada di kopi ternyata dapat menghalangi penyaluran adenosine, senyawa kimia yang membuat Anda terlelap, ke dalam otak. Konsumsi kopi 6 jam menjelang jam tidur Anda, akan membuat adenosin sampai di otak pada pagi hari, sehingga Anda merasa kelelahan.

Semoga bermanfaat.

 

Photo credit: Medical News Today

 

Rahajeng Kurniawati
A lifelong learner who loves to run and travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *