Pliometrik merupakan jenis olahraga yang bisa membakar kalori lebih banyak sekaligus melatih kelincahan tubuh.

Namun, apakah Anda tahu apa itu latihan pliometrik? Berikut penjelasan sekaligus manfaatnya seperti dilansir Hellosehat.com.

Sederhananya, latihan pliometrik adalah jenis olahraga yang mengharuskan Anda untuk melompat atau bergerak aktif.

Olahraga ini bisa dilakukan tanpa atau dengan alat bantu, misalnya melompat ke atas kotak atau box, lompat tali, squatting sambil memegang bola, dan sebagainya.

Karena pliometrik didominasi oleh gerakan melompat yang berulang-ulang, maka tubuh Anda akan banyak menumpu pada kekuatan kaki.

Gerakan ini bermanfaat untuk meningkatkan refleks peregangan pada kaki Anda.

Setiap kali Anda mendarat dari melompat, otot-otot paha akan meregang dan kemudian berkontraksi lagi untuk lompatan berikutnya.

Akibatnya, lompatan yang kedua dan seterusnya akan jauh lebih tinggi dan lebih kuat.

Manfaat latihan pliometrik

Latihan pliometrik menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Biasanya, para atlet memanfaatkan olahraga ini untuk latihan kelincahan dan kekuatan, terutama di bagian kaki dan persendian.

Selain itu, latihan pliometrik juga bisa digunakan sebagai salah satu pilihan olahraga kardio. Pasalnya, jenis olahraga yang satu ini dapat membakar 10 kalori hanya dalam satu menit ketimbang olahraga kardio lainnya, seperti dilansir dari laman Shape.

Semakin rutin Anda melakukan latihan ini, maka tubuh Anda akan semakin terbiasa untuk bergerak lincah.

Tubuh Anda jadi lebih mudah beradaptasi dan lihai saat melakukan jenis olahraga lainnya, entah itu olahraga kardio, latihan kekuatan, atau bahkan aktivitas sehari-hari. Anda pun juga tak mudah mengalami cedera setelah olahraga.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *