Rutinitas kantor tak jarang membuat hidup terasa “jalan di tempat”. Pergi pagi, pulang malam, sembari menghitung hari menuju weekend. Padahal dengan meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga bisa membuat hidupmu terlihat berbeda.

Olahraga kini bukan hanya jadi kebutuhan, tapi juga lifestyle, mengingat kesadaran untuk hidup sehat juga makin meningkat. Lebih bugar, sehat, dan kekinian. Bukan hanya membuat kamu tampil menarik, tapi juga mendapatkan bentuk tubuh yang kamu inginkan. Buat kamu yang masih dalam perjalanan mendapatkan “body goals”, tentu olahraga jadi satu keharusan. Berikut 9 jenis olahraga seru yang wajib dicoba.

  1. Lari Marathon

Source: Bugaraga

Lari memang olahraga yang mudah dan murah. Tak perlu alat bantu dan bisa dilakukan dimanapun. Bahkan kini lari marathon menjadi salah satu jenis olahraga yang bergengsi. Berbagai event lari, baik skala nasional maupun internasional diselenggarakan setiap tahunnya dengan berbagai macam ide seru, ditambah lagi maraknya komunitas lari yang menjadikan olahraga ini sebagai ajang networking.

  1. Freeletics

Source: Muscle & Fitness

Jenis olahraga ini mulai dikenal khalayak ramai sejak kemunculannya di  Appstore dan Google Play. Untuk kamu yang punya jadwal padat dan bersahabat erat dengan smartphone, freeletics bisa jadi pilihan. Dalam aplikasinya, tersedia berbagai jenis latihan lengkap beserta video tutorialnya, yang bisa kamu coba di rumah hanya dengan menggunakan mat sebagai alas. Gerakan dalam freeletics pun cukup sederhana, seperti jumping jack, plank, squat, burpees, dan berbagai gerakan dasar lainnya.

  1. Pound Fit

Pound fit merupakan teknik olahraga yang menggabungkan cardio, pilates, dan dance, serta menggunakan stik drum sebagai alat bantu. Buat kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan, pound fit bisa jadi pilihan. Dengan melakukan gerakan pound fit selama 45 menit, kamu berhasil membakar sekitar 1000 kalori. Selain itu, pound fit juga mampu membuat suasana hati membaik serta membantu melawan depresi.

  1. Muay Thai

Olahraga bela diri dari Thailand ini sangat diminati karena bisa membantu mengencangkan tubuh serta membakar lemak. Gerakan dalam muay thai pun bervariasi, mulai dari gerakan berputar, menendang, memukul. Dimana semua gerakan dilakukan dengan tangan kosong. Kamu pun jadi lebih bersemangat dengan gerakannya yang bertempo cepat, dinamis, dan menguras keringat.

  1. Micro Gym

Source: 20fit

Olahraga yang satu ini hanya membutuhkan waktu 20 menit, tapi hasil yang kamu dapatkan setara dengan 2 jam berolahraga. Menarik bukan? Khususnya untuk kamu yang ingin lebih bugar, tapi tak punya cukup waktu untuk berolahraga, micro gym ini bisa jadi pilihan yang tepat.

  1. Strong by Zumba

Strong by zumba adalah jenis olahraga HIIT (High Intensity Interval Training) yang di-synchronize dengan musik. Gerakannya terbagi antara empat kuadran (Ignite – Fire Up – Push Your Limits – Floor Play) dengan empat basic moves yaitu squat, lunges, knee lift, dan plank. Waktunya kira-kira 55 menit sampai satu jam, dengan jeda sekitar 30 detik setiap kuadrannya untuk atur nafas. Jika pada zumba pada umunya, gerakan lebih mengarah pada dancing, di strong by zumba gerakan berfokus pada cardio strenghtening.

  1. Hot Flow Yoga

Source: the Soul Studio Ruislip

Variasi jenis yoga ini berfokus pada  metabolisme tubuh dan proses pembuangan racun, sehingga keringat yang dikeluarkan jauh lebih banyak dibandingkan dengan yoga pada umumnya. Dengan menggunakan ruangan bersuhu hangat, hot flow yoga juga bermanfaat untuk melenturkan otot, dan meningkatkan fleksibilitas.

Semoga bermanfaat.

 

photo credit: Nimble Activewear

 

 

 

 

Rahajeng Kurniawati
A lifelong learner who loves to run and travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *