Jalan kaki merupakan olahraga sederhana yang dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Meski sederhana dan tidak butuh modal khusus, faktanya berjalan kaki memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Namun, Anda hanya perlu menghitung berapa lama bisa berjalan kaki dalam sehari.

Jika bisa mengupayakan setidaknya 30 menit per hari berjalan kaki, Anda setidaknya bisa mendapatkan tujuh manfaat berikut seperti dilansir Hellosehat.com:

5. Menurunkan berat badan

Manfaat jalan kaki yang satu ini pasti menjadi favorit bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan respon tubuh terhadap insulin.

Hal ini berujung pada berkurangnya lemak perut. Berjalan kaki meningkatkan metabolisme tubuh dengan membakar kalori ekstra yang biasanya bertumpuk menjadi lemak. Jika asupan kalori Anda sehari-hari ternyata berlebih, maka berjalan kaki 30 menit sehari dapat membakar 200 kalori per minggunya.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Setelah Anda mengonsumsi makan-makanan berat yang penuh dengan lemak dan karbohidrat, maka usahakan untuk tidak berdiam diri setelahnya. Duduk menonton TV atau bahkan langsung tidur dapat mengganggu kinerja sistem pencernaan Anda.

Hal yang perlu Anda lakukan ialah berjalan selama 30 menit. Hal ini dilakukan untuk memperlancar kerja sistem pencernaan Anda. Selain itu, manfaat lainnya ialah berjalan kaki setelah makan membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil dan tidak memberikan lonjakan yang membahayakan tubuh.

7. Memperkuat otot paha dan betis

Manfaat jalan kaki 30 menit sehari lainnya yang bisa didapatkan yaitu menguatkan otot paha dan betis Anda. Alih-alih terlihat bergelambir karena lemak, latihan ini bisa membuat tampilan Anda lebih baik karena otot yang mengencang. Melakukan latihan kekuatan seperti squat dan lunges bahkan dapat semakin mempercantik tampilan betis dan paha Anda.

Segudang manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan berjalan kaki 30 menit sehari. Jadi tunggu apa lagi, mulailah untuk hidup lebih sehat dari hal termudah yang bisa Anda lakukan.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *