Bugaraga – Ada banyak alasan untuk memulai kebiasaan sehat, dengan rutin olahraga salah satunya. Di sisi lain, ada seribu satu macam alasan pula yang menjadi penghalang untuk tetap konsisten pada “niat baik” tersebut. Semuanya berujung pada satu pokok permasalahan, tak punya waktu.

Padahal menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang dewasa memerlukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang atau 75 menit aktivitas fisik intensitas tinggi setiap minggunya, untuk menjaga tubuh agar senantiasa bugar.

5 Jenis Olahraga Saat Waktu Luang Terbatas

Untuk Anda yang merasa waktu luang kian terbatas, 5 jenis olahraga berikut ini masih bisa dijadikan rutinitas.

  1. Streching

Streching atau peregangan sederhana bisa dilakukan secara fleksibel, dimanapun dan kapanpun. Sebagai contoh, letakkan kedua tangan kita di punggung, lalu secara bergantian tarik tangan kiri ke kanan dan tangan kanan ke kiri.

Lakukan gerakan sederhana ini paling tidak 3 kali dalam sehari, saat Anda bangun tidur, jam istirahat siang, serta malam hari menjelang tidur. Dengan melakukan peregangan secara rutin, maka tubuh Anda akan lebih segar, rileks, dan terhindar dari kaku otot.

  1. Latihan kardio

Ada berbagai macam latihan kardio yang bisa Anda lakukan setiap hari, seperti jalan cepat, jogging, berenang, bersepeda, hiit, lari, maupun bergerak naik turun tangga. Jenis olahraga ini selain bisa dilakukan di banyak tempat dan juga dalam berbagai cara, kardio juga diklaim dapat membakar lemak dengan lebih efektif, sehingga mempercepat turunnya berat badan.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, lakukan kardio minimal 3 kali dalam seminggu, dengan intensitas 30-50 menit untuk setiap sesi.

  1. Latihan beban

Sumber: T Nation

Jenis latihan ini bukan hanya diperuntukkan untuk binaragawan saja, sebagai tools bagi body builder. Namun juga diperuntukkan oleh semua orang untuk membantu memperkuat otot, yang bertugas membantu Anda dalam melakukan berbagai macam aktifitas sehari-hari.

Untuk meminimalisir terjadinya cidera, ada baiknya jika latihan beban ini dilakukan secara bertahap, disertai dengan pemanasan minimal 5 menit sebelum Anda melakukan latihan. Agar hasil maksimal, lakukan latihan ini paling tidak 2 kali dalam seminggu.

  1. Plank

Sumber: Runtastic

Plank merupakan olahraga yang tidak perlu space yang besar. Anda tak perlu kemana-mana, cukup menahan seluruh tubuah dengan menggunakan kudua tangan, kaki, serta perut yang dikunci. Lakukan secara bertahap, mulai dari 30 detik, 40 detik, 50 detik, lalu meningkat ke 1 menit.

Gerakan plank yang dilakukan secara rutin, dapat membantu memperkuat otot dan tulang belakang, serta membantu mengecilkan perut.

  1. Yoga

Meski tampak sederhana untuk dilakukan, tapi nyatanya gerakan yoga bisa membuat keringat mengucur deras dan juga ampuh dama membakar kalori. Tak harus datang ke gym atau studio yoga, Anda yang sibuk dapat melakukan yoga di pagi hari dengan memanfaatkan aplikasi yoga yang bisa diunduh secara gratis.

Daily Yoga misalnya. Aplikasi yang memiliki fitur dengan referensi dari 20 ahli yoga ini bertujuan untuk membuat olahraga yoga lebih mudah dan nyaman untuk dilakukan oleh semua kalangan, serta bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Selain itu, ada pula aplikasi Yoga Untuk Pemula, yang menyediakan fitur-fitur tutorial tentang bagaimana melakukan berbagai pose yoga di rumah.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik mencoba?

 

Photo credit: Gold Coast Marathon

 

Rahajeng Kurniawati
A lifelong learner who loves to run and travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *