Ada banyak cara untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat. Saat memasuki gaya hidup yang baru maka secara langsung akan berkenalan dengan banyak hal-hal baru.

Seperti halnya Xcamp yang memiliki visi mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan pengenalan berbagai macam cabang olahraga. Program latihan yang dilakukan grup ini pun cukup variatif, salah satunya dengan yoga.

Xcamp ini adalah grup kecil yang setiap anggotanya memiliki visi dan misi yang sama, yaitu pola hidup yang lebih sehat dan latihan bersama. Dengan Bugaraga sendiri sudah ada dua kali pertemuan dengan program #YogaForRunners dengan Fitri Tasfiah yang menjadi instrukturnya. Sebelum acara yoga bersama, Xtoredy dan anggota Xcamp lainnya melakukan lari bersama terlebih dahulu di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.

Sesi #YogaForRunners dari Bugaraga bersama Xcamp

GOR Soemantri Brodjonegoro adalah stadion multifungsi yang berada di sekitar Pasar Festival Kuningan. Setiap hari selasa Xcamp berkumpul di area olahraga tersebut untuk melakukan latihan bersama. Di sesi #YogaForRunners akhirnya Bugaraga menyempatkan ngobrol-ngobrol dengan Xtoredy sebagai leader dari gruo Xcamp.

Xtraordinari Camp

Xcamp ini diambil dari kependekan Xtraordinary Camp. Tujuan awalnya adalah untuk latihan bersama persiapan lomba triathlon di Gurye, Korea Selatan. Ironman Gurye tahun ini berlangsung pada tanggal 10 September 2017.

Jadi, Xcamp ini berdiri memang belum lama ini, yaitu awal tahun 2017. Seperti yang sudah diketahui bersama, triathlon ini kombinasi dari tiga cabang olahraga, yaitu renang, sepeda, dan lari.

Mereka menyadari bahwa dalam melakukan kombinasi tiga cabang tersebut perlu didukung latihan-latihan lainnya juga. Oleh karena itu Xcamp ini memang bukan grup yang hanya berlatih satu cabang olahraga, melainkan lebih variatif.

Walaupun ajang Ironman Gurye tahun ini sudah selesai dan medali pun sudah didapatkan, akan tetapi semangat dari anggotanya masih tidak padam. Hingga kini Xcamp masih rutin berlatih bersama. Saat ini Xcamp memiliki 30 anggota.

Menu Latihan yang Variatif

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, awal dibentuknya Xcamp ini adalah sebagai persiapan untuk lomba triathlon di Korea. Walaupun yang diperlombakan adalah renang, sepeda, dan lari, akan tetapi butuh dukungan dengan berbagai latihan lainnya.

Melatih  penguatan core dan otot penunjang lainnya, fleksibilitas, kelincahan dan ketangkasan, serta penapasan diperlukan untuk membentuk performa yang lebih baik dan juga mencegah terjadinya cedera saat lomba. Semua itu bersumber dari olahraga yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Xcamp melakukan program latihan dengan menu yang variatif setiap sesinya.

Di setiap sesi latihan, anggota Xcamp dapat berkenalan dengan olahraga atau program yang mungkin sebelumnya belum pernah dirasakan. Menu yang dihadirkan terdiri dari dasar teknik berlari, yoga, HIIT, agility, beladiri, dan strength. Semua latihan ini diawali dengan pemanasan dengan berlari terlebih dahulu.

Di akhir sesi latihan biasanya diadakan sharing session antar anggotanya dan juga instruktur yang menjadi tamu. Bukan hanya tentang latihan fisik, tetapi juga tentang asupan nutrisi yang baik dan juga kualitas istirahat yang cukup.

Sharing session setelah latihan

Xcamp melakukan latihan setiap hari selasa malam untuk weekday dan sabtu pagi untuk weekend. Saat selasa malam, latihan dimulai dari pukul 7  malam. Waktu kumpul bisa lebih awal, yaitu satu jam atau setengah jam sebelumnya. Durasi latiannya sendiri tergantung menu latihan saat itu, yaitu sekitar 1-2 jam.

Selalu Baru, Selalu Belajar

Walaupun tujuan awalnya adalah persiapan lomba triathlon, tetapi program latihan yang dilakukan Xcamp ini memiliki banyak warna. Setiap anggota dapat mengenal berbagai macam jenis olahraga yang mungkin sebelumnya belum pernah dilakukan.

Apalagi Xcamp ini mengacu ke pola hidup yang lebih sehat. Jadi visi misi Xcamp ini sendiri adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan pengenalan berbagai macam cabang olahraga.

Manfaat dengan mencoba berbagai hal baru juga membuat diri ingin selalu belajar dan tidak pernah bosan. Nilai bonusnya adalah memiliki performa yang lebih baik. Seperti tagline dari Xcamp:

“Xcamp. We are all always new and always learning!”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *