Ingin bersepeda tapi harganya saingan dengan harga mobil. Setidaknya itu suara batin saya ketika pertama kali mendengar harga sepeda yang baru dibeli teman yang menggiati triathlon. Untuk mengejar kecepatan tertentu, ada harga yang harus dibayar.

Ini baru bahasan sepeda, belum lagi masalah sepatu, pakaian, dan perlengkapan lainnya yang berpengaruh untuk performance. Triathlon ini memang unik. Terdiri dari tiga disiplin olahraga yang dirangkai menjadi satu. Bukan hanya masalah waktu dan tenaga, tapi sudah ke perlengkapan yang perlu dipikirkan. Membahas perlengkapan pasti  ada ‘kocek’ yang harus dikeluarkan.

Sepeda balap memang memiliki harga yang lebih mahal karena lebih ringan dan ramping yang mempengaruhi kecepatan dalam mengayuh. Bentuk sepeda balap yang aerodinamis, yang harganya juga bisa bikin nangis, mengintimidasi para pemula yang masih ragu-ragu untuk memulai.

Triathlon tidak harus mahal

Menurut pengakuan Inge Prasetyo, triathlete pertama Indonesia yang akan bertanding di Ironman World Championship di Kona, saat pertama kali ikut lomba triathlon dia tidak menggunakan gear seperti yang sekarang digunakan.

“Sepeda masih sepeda biasa yang harganya 4 jutaan. Belum mengerti ada tri-suit. Pokoknya semua masih modal nekat.” Kata Inge saat ditemui sehabis latihan berenang di PIK FIT. Inge pun mengamini memang untuk mengejar target tertentu sudah ada standar tertentu untuk perlengkapan. Tetapi mesinnya tetap kaki kita. Jadi daripada memikirkan gear yang harus dipakai lebih baik mempersiapkan fisiknya dulu.

“Kaki kita adalah kekuatan yang sebenarnya. Jadi latihan itu sangat penting”, ujar Sarah Costeira, triathlete wanita sekaligus train-buddies dari Inge Prasetyo. Sehebat apapun perlengkapan yang dipakai, mesinnya adalah tubuh kita sendiri.

Perlengkapan untuk mengikuti triathlon

Sepeda

Triathlon tidak mungkin tanpa sepeda. Saat mengetahui harga sepeda dari teman-teman biker rasa keinginan untuk mencoba cabang ini langsung menciut. Ternyata harga sepeda balap bisa sampai seharga membeli mobil. Inge, saat sesi wawancara mengatakan, “Untuk para pemula bisa diawali dengan menggunakan sepeda yang harganya relatif murah. Saya juga dulu waktu pertama masih pakai mountain bike. Yang penting coba aja dulu”.

Jika baru memulai triathlon kamu bisa mencoba sepeda apapun yang ada di garasi, sepeda gunung atau sepeda balap. Hal yang mungkin perlu diperhatikan adalah memperhatikan kondisi sepeda dan cara mengemudinya. Perbedaannya memang jika menggunakan sepeda gunung pengemudi lebih menggunakan tenaga ekstra dibandingkan sepeda balap.

Tapi kekuatan sebenarnya adalah kaki kita sendiri. “The real power is in your legs!”, tukas Sarah melengkapi penjelasan Inge.

Tri-Suits

Tri-suits tidak terlalu esensial tapi memberi kelebihan dalam hal kenyamanan dan praktis. Dalam triathlon harus lari, berenang, dan sepeda dalam waktu yang berurutan jadi kita membutuhkan pakaian yang nyaman untuk ketiganya.

Inge juga saat pertama kali triathlon masih memakai baju berlapis, yaitu swim-suit yang dilapis dengan untuk lari dan sepeda. Tri-suit didesain untuk mengurangi waktu yang terbuang saat transisi, misalnya untuk mengganti pakaian. Tapi untuk para pemula yang belum memiliki trisuit hal ini tidak menjadi kendala karena kamu bisa tetap mengikuti triathlon.

Range harga tri-suit variatif tergantung dari brand-nya. “Tri-suit yang murah juga ada kok”, kata Inge.

Sepatu

Untuk berlari memang lebih nyaman jika memakai sepatu khusus untuk lari. Sepatu lari pun ada banyak jenis dan harga. Para pelari banyak yang mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan sepatu yang lumayan mahal. Apalagi ini berkaitan dengan kenyamanan kaki saat berlari.

Akan tetapi harga bukan hal yang menjadi patokan, karena sebenarnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan sepatunya. Ketepatan jenis sepatu terkait dengan bentuk kaki dan ukuran, jadi sebelum membeli sebaiknya dicoba hingga terasa pas.

Pilihlah sepatu yang cocok untuk kaki dan juga kantong sendiri. Sepatu yang memiliki harga yang lebih murah belum tentu ‘murahan’ dan yang mahal juga belum tentu cocok untuk kaki kita.

 

Home

One thought on “Triathlon Ngga Harus Mahal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *