Dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-6, Triathlon Buddies kembali menggelar acara yang membuka kesempatan kepada para pemula untuk merasakan serunya menguji diri dengan mengikuti olahraga triathlon.

Triathlon merupakan sebuah cabang olahraga yang terdiri dari berlari, berenang, dan bersepeda.

Triathlon Buddies sebagai sebuah komunitas triathlon terbesar di Indonesia mengajak masyarakat yang belum pernah mengikuti triathlon untuk merasakan sensasi dengan tema fun race dengan kampanye #everyonecantri atau yang artinya “Semua Orang Bisa Triathlon”.

Karena ditujukan bagi para pemula dan hanya untuk mereka yang belum memiliki pengalaman, Triathlon Buddies menggelar Mini Triathlon, baik untuk jarak dekat maupun jauh, di dua tempat berbeda.

Ajang ini akan digelar pertama kali pada 2018 di The Spring Club Summarecon Serpong, Tangerang, pada Minggu (28/1/2018).

Selain itu, Triathlon Buddies akan menggelar acara serupa di Surabaya pada 11 Maret 2018.

Dalam Mini Triathlon ini, para peserta akan ditantang untuk berenang sejauh 400 m, bersepeda 22 km, dan lari 5 km.

“Mini Triathlon ini kami gelar sebagai batu loncatan bagi para pemula ke ajang sesungguhnya. Jadi tentu jaraknya akan kami bedakan. Selain itu, kami juga ingin menunjukkan bahwa olahraga triathlon itu tidak sulit,” kata Haryo Putranto, Race Director Mini Triathlon seperti dilansir BolaSport.com.

Namun bagi mereka yang memang sangat menggemari olahraga ini, jangan berkecil hati. Triathlon Buddies juga menggelar Sentul Ultra Triathlon pada akhir Februari atau awal Maret 2018.

Ada dua kategori yang diperlombakan pada Sentul Ultra Triathlon, yaitu ironman (berenang 1,8 km, bersepeda 90 km, dan berlari 21 km) dan full ironman (berenang 3,6 km, bersepeda 180 km, dan berlari 42 km).

Selain untuk mengajak pemula dan memuaskan para pencinta triathlon, Triathlon Buddies juga menggelar acara ini untuk beramal.

Para peserta dapat memberikan dukungan kepada para atlet-atlet junior Indonesia berpotensi di cabang ini, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi dalam program “Giving Back to the Community”.

Bantuan tersebut akan diberikan kepada atlet-atlet junior dari tiga kota yang secara rutin menggelar kejuaraan triathlon berskala Internasional, yaitu Pariaman, Sungai Liat, dan Sibolga.

“Dukungan terhadap program ‘Giving Back to the Community’ dilakukan melalui pengumpulan dana dari penjualan barang-barang kebutuhan olahraga triathlon (lari/sepeda/renang) yang sudah tidak terpakai masyarakat, tetapi masih layak dipergunakan,” ucap Haryo Putranto.

“Selain untuk menggumpulkan dana, program ini diharapkan dapat memberikan akses bagi para pemula untuk untuk bisa mendapatkan alat-alat kebutuhan triathlon dengan harga terjangkau,” tuturnya.

Ajang Mini Triathlon yang digelar di Serpong ini juga akan diikuti oleh seorang pebalap nasional yang kini berlaga di Moto2, Dimas Ekky Pratama.

Dikarenakan aktivitas balapannya kini belum dimulai, Dimas mengaku sangat ingin merasakan pengalaman triathon yang ia percaya juga akan sangat membantunya sebagai seorang pebalap.

“Selain waktunya ada, saya sangat tertarik karena banyak beraktivitas menggunakan sepeda. Saya juga bergabung dengan komunitas Kelapa Gading Bike (KGB),” ucap Dimas.

“Karena triathlon menggabungkan bersepeda dengan mari dan renang, saya jadi semakin tertantang. apalagi olahraga ini dapat meningkatkan endurance (daya tahan) yang sangat dibutuhkan pebalap seperti saya,” tuturnya.

Dikarenakan tidak ada pemenang di ajang Mini Triathlon ini, sebagai pemula Dimas pun mengaku sudah menetapkan target waktu tempuh untuk menyelesaikan tantangan yang ada.

“Saya kira bisa menyelesaikan Mini Triathlon ini dengan berenang selama 9 menit, bersepeda 30 menit, dan lari 22 menit. Jadi target saya sekitar satu jam,” ujarnya.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *