Ada Banyak orang merasa kurang termotivasi berolahraga ketika cuaca tengah panas dan terik. Kalau pun berolahraga, banyak pula yang hanya sanggup melakukannya beberapa menit saja.

Namun sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menyiasati kondisi itu. Sehingga, meskipun cuaca panas kita tetap termotivasi untuk olahraga tanpa kehilangan energi. Berikut tips melakukan olahraga saat cuaca panas seperti dilansir Kompas.com:

1. Minum sebelum dan sesudah olahraga

Personal trainer tersertifikasi dan founder Kick@55 Fitness di Chicago, Rebecca Gahan mengingatkan agar kita selalu cukup terhidrasi sebelum berolahraga dan selama berolahraga.

Hal ini penting demi menambah energi serta keseimbangan tubuh. Sebab, cuaca panas akan membuat tubuh rentan mengalami kelelahan dini.

Nah, jumlah air yang diminum bergantung pada sejumlah faktor. Setiap orang direkomendasikan mengonsumsi sekitar delapan gelas sehari. Jumlah lebih akan dibutuhkan ketika aktivitas kita bertambah dan cuaca panas.

“Selama olahraga, upayakan mengonsumsi setidaknya 200ml air setiap 15-30 menit,” kata head trainer di IdealFit, Lindsey Mathews.

2. Lakukan latihan interval

“Pastikan durasi olahraga yang dilakukan pendek dan dibagi menjadi beberapa interval,” kata Gahan.

Sebagai contoh, pilihlah delapan jenis olahraga dan lakukan selama 20 detik diselingi 10 detik istirahat.

Pada waktu istirahat, kita bisa melakukan sedikit pendinginan untuk menghindari efek cuaca panas. Latihan interval juga memberikan olahraga yang lebih variatif.

3. Olahraga di cuaca panas

Cobalah untuk sesekali berolahraga di cuaca panas. Gahan mengatakan, hal itu akan membuat kita bertahan lebih lama ketika berolahraga pada suhu yang sejuk seperti olahraga dalam ruangan.

Caranya, bisa dengan melakukan pemanasan di luar ruangan sebelum melakukan olahraga utama. Lakukan sekitar dua kali seminggu atau berlari 1-2 lap di sela training intensitas tinggi.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *