Setiap manusia pasti punya batas stamina. Di tengah-tengah melakukan olahraga lari, ada kalanya kecepatan menurun karena tubuh sudah mulai lelah.

Ketika berlari, Anda tidak perlu mengayuh kaki terlalu cepat, tetapi jangan juga terlalu lambat. Hal terpenting adalah konstan.

Jika Anda adalah orang yang tidak memiliki stamina cukup besar, masih ada cara agar tetap bisa berlari dengan kecepatan konstan sehingga lari selama satu jam terasa hanya 10 menit.

Bagaimana caranya?

Seperti dikutip dari Walkjogrun, berikut tips menjaga kecepatan lari:

1. Motivasi Tinggi

Kunci utama untuk menjaga kecepatan lari adalah Anda memerlukan motivasi tinggi. Tanpanya, Anda tidak akan menemukan semangat.

2. Latihan Secara Kontuinitas

Selain motivasi, latihan secara rutin juga diperlukan. Latihan secara berkala otomatis akan membuat stamina Anda semakin tinggi.

Semakin Anda konsisten dalam melakukan latihan, maka semakin mudah bagi diri Anda untuk mengetahui kemampuan diri sendiri.

3. Tetapkan Target

Menetapkan tujuan menjadi faktor penting lainnya dalam mendapatkan kecepatan konstan dalam berlari.

Sebagai contoh, pada hari pertama, Anda bisa berlari tanpa henti selama 10 menit. Tingkatkan terus catatan waktu tersebut pada sesi-sesi lari berikutnya.

4. Buang Pikiran Negatif

Saat berlari, buang jauh suara di kepala Anda yang mengatakan, “Saya tidak akan sanggup, saya harus berhenti”.

Ganti pemikiran tersebut dengan membayangkan atau memikirkan hal-hal menarik sambil tetap berlari. Tanpa sadar, Anda sudah berlari 30 menit dengan kecepatan konstan.

5. Musik

Cara yang satu ini mungkin paling ampuh. Saat muali berlari, pasang headset yang tersambung dengan ponsel berisi musik-musik favorit Anda.

Alunan musik di teliga akan menjauhkan Anda dari pikiran-pikiran negatif dan tetap fokus pada lari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *