Memilih sepatu yang sesuai dapat meningkatkan performa kita dalam berolahraga, sekaligus meminimalisir cedera. Oleh karena itu, berbeda jenis olahraganya, maka berbeda pula jenis sepatunya.

Sol sepatu olahraga menawarkan fungsi olahraga khusus yang dapat membantu kinerja Anda. Fitur utama dan gaya utama juga mempengaruhi, seperti daya cengkram, fleksibilitas, berat, dan bahkan pelepasan komponen.

Jika berdasarkan arena olahraga, jenis sepatu terbagi pada 5 macam, yaitu:

Sepatu atletik. Ini dikelompokkan ke dalam kategori berlari, berlatih, dan berjalan. Ini termasuk sepatu untuk mendaki gunung, jogging, dan jalan cepat.

Jika Anda memilih sepatu untuk berjalan, carilah yang memiliki bagian punggung kaki empuk, penyerapan udara yang baik, alas yang halus, dan desain sol yang mendorong gerakan alami kaki selama berjalan.

Fitur untuk sepatu jogging yang tepat, termasuk bantalan, fleksibilitas, kontrol, dan stabilitas di wilayah tumit yang ringan dengan daya cengkram yang baik.

Sepatu olahraga lapangan tertutup. Ini termasuk sepatu untuk tenis, basket, dan voli. Kebanyakan olahraga lapangan mengharuskan tubuh untuk bergerak maju, mundur, dan dari sisi ke sisi. Akibatnya, sebagian besar sepatu lapangan ini memiliki sol yang cukup tebal dan berat.

Sepatu olahraga lapangan terbuka. Ini termasuk sepatu untuk sepak bola dan baseball. Sepatu ini berduri, berkancing, atau berpaku. Formasi duri dan kancing bervariasi dari olahraga ke olahraga, tetapi umumnya dapat diganti atau dilepas yang berada di sol nylon.

Sepatu olahraga khusus. Ini termasuk sepatu untuk golf, menari, dan bersepeda.

Sepatu olahraga di alam. Ini termasuk sepatu yang digunakan untuk kegiatan rekreasi seperti berburu, memancing, dan berperahu.

Memilih sepatu berdasarkan olahraga spesifiknya

1. Sepatu mendaki gunung

Memilih sepatu hiking

Sol sepatu ini dibuat untuk mengatasi medan berbatu dan memiliki berbagai tingkat kekakuan. Biasanya sol terbuat dari karet, dengan pola dan kedalaman yang bervariasi untuk menawarkan pijakan yang lebih aman pada permukaan yang kasar.

Sol yang dalam memiliki daya cengkram yang paling kuat, dan sol yang lebih pendek atau banyak spasi membuat cengkraman pada tanah kurang kuat. Sol sepatu biasanya paling kokoh dan tidak sefleksibel sepatu atletik, tapi menawarkan penyerapan benturan yang maksimal.

2. Sepatu basket

Memilih sepatu basket

Sol sepatu basket cukup datar dan terbuat dari karet. Kebanyakan lebih lebar dan memiliki pola herringbone yang terukir untuk meningkatkan stabilitas dan cengkraman untuk memulai atau memberhentikan putaran cepat. Sol sepatu basket biasanya menawarkan penyerapan benturan maksimum dengan fleksibilitas sedang, dibandingkan dengan jenis sol sepatu atletik lainnya.

3. Sepatu sepak bola

Memilih sepatu sepah bola

Sol pada sepatu sepak bola memiliki duri atau kancing untuk meningkatkan cengkraman saat berlari di ladang rumput. Kancing biasanya dapat dilepas dan terbuat dari tiga bahan, yaitu plastik, karet, atau logam. Beberapa klub sepak bola melarang pemakaian kancing dari logam. Ada tiga jenis kancing, yaitu berbentuk kerucut, runcing, dan berdasar keras. Sol sepatu sepak bola menawarkan fleksibilitas moderat dan penyerapan benturan.

4. Sepatu lari

Memilih sepatu lari

Sol sepatu yang minimalis untuk lari adalah sebuah tren terbaru di dunia olahraga. Karet di dasar memiliki ketebalan hanya 3 mm dan sangat fleksibel. Sol sepatu seperti ini memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi, namun memiliki sedikit bantalan dan penyerapan benturan. Sol sepatu minimalis ini juga memiliki tingkat ketebalan sol yang lebih tebal, namun tetap lebih fleksibel dari sepatu lari tradisional.

5. Sepatu tenis

Memilih sepatu tenis

Sol sepatu tenis memiliki permukaan yang lebih halus dan datar dibandingkan dengan sepatu basket atau sepatu mendaki gunung. Sol sepatu ini bervariasi berdasarkan jenis lapangan. Sepatu untuk lapangan tanah liat tidak tahan lama seperti yang dibuat untuk lapangan beton. Karena hal itu, maka seluruh sepatu tenis dibuat untuk lapangan dalam ruangan dengan berat yang ringan dan fleksibel. Sol sangat halus, jadi tidak menempel ke lantai saat bergesekan ke lantai atau saat menggores lantai.

6. Sepatu golf

Memilih sepatu golf

Sol sepatu golf memiliki penyerapan benturan yang minimum dan kurang fleksibel dibandingkan dengan sepatu basket atau sepatu lari. Sepatu ada yang terdiri dari paku logam, paku lembut, atau tanpa paku sama sekali. Jenis sol paku logam biasanya dilarang karena dapat merusak arena hijau. Sepatu dengan paku lembut memiliki cengkraman yang moderat, sedangkan sepatu tanpa paku memiliki daya cengkram sedikit lebih banyak dibandingkan dengan sepatu santai.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *