Lebih dari 2.000 peserta bakal memeriahkan Herbalife Bali International Triathlon 2017 yang diadakan pada 15 Oktober 2017. Acara rutin tahunan ini memang menarik banyak perhatian anggota komunitas triathlon, termasuk mereka yang dari Surabaya.

Triathletes Surabaya, Rama Cycling Club, serta Woman Cycling Community adalah sebagian komunitas yang ambil bagian di acara yang kali ini bakal dilaksanakan di Pantai Mertasari, Sanur, Bali.

“Ini momen pertama bagi saya, ya tentu sempat gugup. Awalnya malah ragu, apa bisa. Tetapi ya diyakinkan saja. Pokoknya harus berani nyoba,” cetus Martha Benita, anggota Triathletes Surabaya.

Menurut Martha, selama ini dia aktif di olahraga lari, dan yang sering dia ikuti adalah even marathon.

“Saya tergabung di grup lari namanya Sing Penting Gaya (SPG), kalau di triathlon ini saya baru masuk komunitas,” katanya.

Keraguan Martha dan sejumlah anggota komunitas triathlon Surabaya ini dijawab oleh Andy Wibowo, triathlete nasional Indonesia. menurut Andy, latihan rutin perlu dilakukan agar benar-benar siap di even yang mengombinasikan renang, lari, dan bersepeda itu.

“Tiap orang punya handicap berbeda. Karena itu, usahakan melatih dengan porsi lebih pada bagian yang masih dirasa kurang,” pesan Andy.

Untuk menjaga stamina, Andy mengingatkan pula agar tidak mencoba makanan yang ekstrim di saat hendak masuk kompetisi triathlon.

“Makan yang biasa dikonsumsi saja. Jangan karena di daerah lain lalu ingin wisata kuliner,” kata Andy yang sempat mewakili Jatim di PON 2000, 2004, dan 2008.

Sebab, lanjut Andy, makanan yang tak biasa dikonsumsi itu khawatirnya menimbulkan efek negatif pada tubuh yang berakibat gagal ikut triathlon.

“Kita kan nggak tahu bagaimana tingkat kebersihan makanan itu. Sayang kan sudah datang jauh-jauh malah sakit,” ucapnya.

Andy mengingatkan pula agar peserta Herbalife Bali International Triathlon 2017 ini benar-benar mempertahankan kondisi badannya sampai kompetisi berakhir.

“Nanti kalau sudah selesai lomba, silakan puaskan wisata kulinernya,” ucap pria asal Temanggung Jateng ini.

Menurut Andy, kadar gula darah juga perlu ditingkatkan seminggu sebelum pelaksanaan triathlon. Caranya adalah dengan menambah porsi konsumsi karbohidrat.

“Porsinya ditingkatkan sedikit demi sedikit, jangan langsung agar tubuh tidak kaget juga,” pesannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *