Olahraga merupakan kegiatan yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan saat hamil. Olahraga dapat membantu tubuh untuk tetap aktif, sehingga melancarkan aliran darah ibu hamil ke seluruh tubuh.

Hal ini pun mendukung ketersediaan oksigen dan nutrisi bagi janin. Namun, olahraga apa saja yang bisa dilakukan oleh ibu hamil? Apakah bersepeda saat hamil aman dilakukan?

Bersepeda saat hamil tidak selalu aman

Bagi Anda yang suka bersepeda mungkin bersepeda saat hamil bukan menjadi masalah. American Congress of Obstetricians and Gynecologists pun menyatakan bahwa bersepeda saat hamil aman dilakukan.

Namun, mungkin hal ini berbeda bagi Anda yang tidak terbiasa bersepeda. Bersepeda mungkin bukan merupakan olahraga yang aman Anda lakukan saat hamil. Risiko terjatuh saat bersepeda mungkin terjadi dan ini bisa melukai bayi Anda. Tentu, ini bisa membahayakan.

Kemampuan seseorang dalam bersepeda mungkin berbeda-beda. Jika Anda yakin Anda masih bisa bersepeda saat hamil tanpa terjatuh, mungkin ini aman bagi Anda. Namun, Anda mungkin perlu beradaptasi lagi seiring dengan perkembangan perut Anda yang makin membesar (walaupun Anda sudah biasa bersepeda).

Perlu Anda ketahui bahwa saat perut Anda makin membesar, pusat gravitasi tubuh Anda pun bergeser. Sehingga, Anda mungkin lebih mudah untuk kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Perut yang besar juga bisa membuat Anda kesulitan untuk menggerakkan setang sepeda.

Jika Anda ragu-ragu, sebaiknya tidak perlu dilakukan. Anda bisa melakukan olahraga lainnya yang lebih aman, jalan kaki misalnya. Ini semua tergantung pilihan Anda. Anda tentu lebih mengenali batas kemampuan diri Anda.

Tips aman bersepeda saat hamil

Sebelum memutuskan untuk bersepeda saat hamil, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan seperti dilansir Hellosehat.com, yaitu:

Bagaimana kemampuan Anda dalam bersepeda?

Apakah kehamilan Anda berisiko tinggi? (Konsultasikan hal ini dengan dokter Anda)

Bagaimana keamanan perjalanan Anda? Apakah jalan yang akan dilalui aman?

Bagaimana kondisi cuaca ketika akan bersepeda?

Jika Anda memutuskan untuk tetap bersepeda, sebaiknya perhatikan faktor keamanan saat bersepeda.

Pilihlah jalan yang mulus dan tidak bergelombang

Kayuh sepeda dengan perlahan dan tidak kasar

Jangan bersepeda di jalanan yang basah

Buat sepeda Anda senyaman mungkin. Sesuaikan setang dan jok sepeda Anda. Karena perut Anda semakin membesar dan berat badan Anda bertambah, mungkin Anda perlu mencari jok yang lebih nyaman untuk Anda.

Anda perlu membawa minum untuk mengantisipasi jika Anda merasa haus saat sedang di jalan.

Ketahui batas kemampuan Anda. Jika di tengah jalan Anda sudah merasa lelah dan tidak mampu, sebaiknya berhenti, turun, dan berjalan. Jangan memaksakan diri Anda.

Anda mungkin perlu ditemani dengan suami atau teman Anda saat bersepeda, sehingga mereka bisa menjaga Anda. Jika ada sesuatu yang terjadi pada Anda, mereka juga bisa langsung menolong Anda.

Untuk lebih baiknya, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda apakah kondisi kehamilan Anda memungkinkan untuk bersepeda dan olahraga apa saja yang bisa Anda lakukan.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *