Tidak ada orang yang mau terkena penyakit. Jika sakit sudah melanda, aktivitas pun jadi terhambat.

Hal serupa mungkin juga dirasakan oleh penderita asma. Penyakit yang satu ini membatasi seseorang untuk melakukan olahraga.

Asma sendiri merupakan penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas sehingga menimbulkan sesak atau sulit bernapas.

Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada dan batuk-batuk.

Lalu, amankah jika seorang pengidap asma meakukan olahraga lari?

Jangan takut. Berikut ini tips aman untuk berlari bagi Anda penderita asma:

1. Konsultasi dokter terlebih dahulu

Seperti dengan penyakit kronis lainnya, pastikan Anda mendiskusikan dengan dokter sebelum memulai rutinitas olahraga yang signifikan. Sebelum Anda mulai, dokter akan mencoba mengendalikan asma Anda.

Anda perlu memiliki action plan tentang apa yang harus Anda lakukan jika asma Anda kumat saat berlari.

2. Ketahui batas Anda

Berlari merupakan aktivitas yang berat dan dapat memicu asma dibanding dengan aktivitas lainnya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui di mana batas kemampuan Anda dalam berlari.

Jika dada sudah mulai terasa sesak, segeralah berhenti.

3. Berhenti merokok

Hampir 25% orang dewasa yang memiliki asma biasanya merokok dan mulai merokok sejak muda. Asap tembakau mengiritasi paru-paru dan memperburuk asma.

Merokok saat kehamilan juga dapat meningkatkan risiko asma pada anak-anak. Berhenti merokok juga dapat membantu Anda bernapas dan berlari dengan lebih baik.

4. Perhatikan cuaca

Jika cuaca dingin membuat asma Anda kambuh, lebih baik berolahraga di dalam rumah. Anda bisa menggunakan treadmill.

Jika tetap ingin keluar rumah, pastikan Anda menggunakan masker atau syal untuk mengurangi udara dingin masuk ke paru-paru. Berlarilah di luar ruangan saat cuaca hangat dan lembap.

5. Selalu bawa inhaler

Penting untuk membawa inhaler saat berlari. Inhaler dapat menangani gejala asma yang mendadak saat di tengah perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *