Setelah sekian lama dipakai, ada waktunya sepatu, sports bra, atau pakaian lari kita harus dipensiunkan. Kapankah itu?

Agar tak bingung, cek tips dari Bennett Grimes, Footwear Product Line Manager, dan Heather Cvitkovic, Director of Global Apparel Product Line Management Brooks, running company dari Amerika, berikut ini.

1. Sepatu lari

Berapa lama hingga kita perlu mengganti sepatu lari? Sekitar 480 – 640 kilometer. Namun, hal ini tidak mengikat. Faktor seperti form lari dan jenis sepatu turut menentukan.

Apa tanda bahwa sepatu harus segera diganti?

Bantalan sepatu adalah hal pertama yang akan aus karena bagian midsole sepatu lari dirancang untuk menyerap hentakan dan melindungi tubuh. Sayangnya, hal ini tidak selalu jelas terlihat.

Karena itu, sebisa mungkin hitung total jarak yang telah Anda larikan dengan sepatu tersebut. Perhatikan juga benang pada sepatu lari.

Benang sepatu lari lebih tahan banting daripada midsole. Bila terlihat kerusakan yang jelas pada benang tersebut, hampir bisa dipastikan bantalannya telah aus dan saatnya ganti sepatu.

Targetnya adalah mengganti sepatu sebelum pelari mulai merasa nyeri dan sakit.  Rasa sakit dan nyeri yang tidak terkait dengan latihan bisa menjadi pertanda bahwa sepatu perlu diganti. Perhatikan bila ada rasa sakit di lutut dan shin splits.

2. Sports bra

Seberapa sering sports bra diganti? Tergantung kualitas sports bra dan frekuensi pemakaian. Secara umum, ganti sports bra setiap 6-12 bulan.

Apa tanda bahwa sports bra harus segera diganti?

Ada beberapa tanda utama, seperti tali bra dan karet bawah yang kendur atau getas, logo merek yang memudar, dan saat sports bra mengiritasi kulit. Bila tanda-tanda ini muncul, berarti sports bra mulai kehilangan kemampuan menyokongnya. Jangan ragu untuk mempensiunkannya daripada membuat latihan jadi tidak optimal.

3. Pakaian lari

Apa tanda bahwa pakaian lari harus segera diganti? Tanda-tandanya serupa dengan sports bra: karet yang longgar, logo memudar, dan mulai mengiritasi kulit. Pakaian lari yang dirawat dengan baik seharusnya kondisinya masih tetap baik setelah 50 kali dicuci di rumah.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *