Banyak penggemar olah raga sepeda yang menyukai touring atau berkendara jarak jauh. Bersepeda tipe ini memang sangat menyenangkan.

Selain berlatih meningkatkan ketahanan tubuh, si pesepeda juga dapat melatih berbagai macam teknik.

Bersepeda dalam jarak yang cukup jauh tentunya banyak menghabiskan energi yang tentunya dapat membuat kondisi tubuh menjadi drop.

Jika sudah kelelahan, hal yang kita butuhkan adalah recovery (pemulihan) yang cepat untuk kembali mendapatkan kondisi 100% fit.

Berikut tahap-tahap buat pemulihan setelah touring yang melelahkan :

1. Setelah melakukan istirahat yang cukup misal 1-2 hari, kembalilah bersepeda dengan pemanasan kurang lebih 20 menit dengan kecepatan yang ringan. Naikan intensitas 18 atau 19 menit untuk mulai mengatur pernafasan.

2. Rencanakan rute atau jalur yang sesuai untuk recovery. Rute flat dan tanjakan-turun yang ringan sangat cocok untuk proses pemulihan. Shifting ke chainring besar dan pilih sproket medium (tengah).

3. Cobalah lakukan gerakan untuk melemaskan otot-otot kaki yang tegang. Misal, berdiri sesat diatas sadel dan mulailah sprint.
Atur jeda waktu tiap kali anda melakukan sprint. Jaga ritme kecepatan anda. Enam kali sprint sudah sangat cukup untuk recovery.

4. Jika dirasa latihan fisik sudah membuat tubuh menjadi fit, mengkonsumsilah multivitamin dan mineral dengan antioksidan.

5. Konsumsi pula nutrisi seperti glutamin, magnesium, dan omega 3.

Glutamine berperan penting dalam pembentukan protein tubuh, fungsi sistem kekebalan tubuh, dan sebagai bahan bakar cadangan bagi otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *