Suplemen adalah istilah yang tidak asing bagi para penggiat dunia fitness. Berbagai macam jenis suplemen beredar di pasaran dengan berbagai macam merek dan fungsi.

Namun, harganya yang selangit dapat menurunkan nyali orang yang ingin membelinya, terutama bagi anda yang berkantong pas-pasan. Jadi, apakah suplemen itu wajib hukumnya?

Untuk menjawab ini mari kita bahas suplemen itu apa sih? Suplemen adalah nutrisi untuk melengkapi nutrisi yang kurang dari makanan sehari-hari kita. Jadi, sebenarnya apabila anda merasa bisa melengkapi kebutuhan nutrisi dari makanan sehari-hari, maka tidak diperlukan suplemen.

Tapi pada kenyataannya terkadang nutrisi dari makanan sehari-hari itu kurang, entah karena proses memasak yang salah sehingga nutrisi itu terbuang atau memang makanan yang anda konsumsi sehari-hari kurang.

Suplemen itu bukan obat ajaib yang mampu merubah bentuk badan anda menjadi berotot, karena yang menentukan keberhasilan suatu program fitness ialah anda sendiri.

Semua tergantung bagaimana anda disiplin dalam berlatih, mengatur pola makan, pola istirahat anda dan lain-lain. Bagi anda yang memiliki kantong yang kurang tebal, banyak sekali makanan alami yang bisa dijadikan subtitusi pengganti suplemen.

Sumber protein bisa anda bisa dapatkan dari putih telur, daging, ikan, dan lain-lain. Apabila anda ingin suplemen pre workout, anda bisa mengkonsumsi kopi hitam sebelum latihan dan berbagai macam subtitusi lainnya.

Namun pada kenyataannya, sekarang ini kita terlalu tergantung dengan suplemen itu sehingga kita hanya sibuk memikirkan suplemen apa yang paling cocok digunakan dan melupakan pola latihan apa yang harus kita jalani.

Jadi pada kesimpulannya suplemen itu tidak wajib dalam dunia fitness. Pemenuhan suplementasi dalam dunia fitness juga tergantung dari intensitas latihan anda.

Apabila anda seorang atlet binaraga, otomatis anda memang harus selalu melengkapi makanan anda dengan suplemen karena dari makanan sehari-hari saja pasti akan kurang. Tapi apabila anda hanya ingin mengejar bentuk badan yang ideal, disarankan untuk pintar-pintar memanfaatkan makanan alami sebagai subtitusi dari suplemen yang ada.

Fokuslah pada pola latihan anda bukan pada suplemen apa yang harus anda konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *