Kawasan pariwisata Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten, kembali menjadi tempat ajang cross triathlon bertajuk Rhino Cross Triathlon (Rhino X-Tri).

Rhino X-Tri edisi 2018 akan berlangsung pada 29-30 September mendatang.

Lomba yang berlangsung di alam bebas ini menyatukan tiga cabang olahraga yakni berenang, balap sepeda, dan lari.

Rhino X-Tri dihelat bersama sport tourism event lainnya, yaitu Rhino Trail Run dan Rhino MTB XCM (Mountain Bike Cross Country Marathon).

Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural & Ketua Pelaksana Kalender Event Indonesia 2018, Dra. Esthy Reko Astuty, M.Si., menjelaskan korelasi erat antara olahraga dan pariwisata melalui Rhino Cross Triathlon.

“Rhino Cross Triathlon menjadi mata acara utama dari gelaran akbar Festival Pesona Tanjung Lesung yang merupakan sebuah perhelatan bertema sport tourism yang begitu populer dan mampu menarik wisatawan domestik sekaligus mancanegara untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alam serta budaya Banten,” tuturnya.

Peserta bukan hanya akan menemukan medan dan trek lebih sulit, tetapi juga dimanjakan oleh keindahan serta eksotisme lanskap Tanjung Lesung yang tiada duanya.

“Penyelenggaraan Rhino X-Tri tahun ini tentu menawarkan tantangan dan keseruan baru. Berbeda dengan tahun sebelumnya, ajang cross triathlon menampilkan kategori jarak yang lebih jauh,” ujar Tense Manalu.

Ada tiga kategori yang akan dilombakan yakni Eagle yang akan mempertandingkan nomor renang 1.500 meter, balap sepeda 30 kilometer, dan lari 15 kilometer.

Sementara kategori Rhino melombakan nomor renang 1.000 meter, balap sepeda 20 kilometer, dan lari 10 kilometer, serta kategori Bull yang melombakan renang 500 meter, balap sepeda 10 kilometer, dan lari 5 kilometer.

Adapun di ajang Rhino Mountain Bike XCM akan dipertandingkan kategori Men Elite, Women Open, Men Open, dan Men Master.

Rhino X-Tri pertama kali digelar pada 2017.

Saat itu, ada sekitar 500 peserta yang terlibat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *