Setiap orang memiliki motivasi berbeda untuk pergi ke gym atau pusat kebugaran. Selain untuk menjaga kesehatan, ada pula yang melakukannya guna membentuk otot.

Alasan nomor dua tersebut biasanya menjadi motivasu kaum laki-laki buat mengunjungi gym. Tubuh semakin berotot, maka penampilan pun semakin oke.

Namun, bagaimana jika kita sudah rajin nge-gym tetapi otot tak juga terbentuk? Apakah ada yang salah?

Triesca Arisandy, National Group Fitness Manager Celebrity Fitness Indonesia, mengungkapkan penyebabnya.

Penyebab pertama yakni karena ketidaktahuan seputar latihan di gym. Penting sekali untuk mengetahui seluk-beluk soal latihan, kombinasinya, hingga asupan makan yang tepat.

Oleh sebab itu, bagi para pemuila, disarankan untuk menyewa personal trainer.

“Kalau latihan sendiri kita enggak tahu gerakannya apakah pas untuk badan atau gerakan yang dibutuhkan dan apa yang perlu dilatih. Karena itu, saat awal penting untuk memakai jasa personal trainer untuk didampingi dan diassest pertama kali soal kebutuhan dan apa yang harus dilakukan,” kata Triesca seperti dikutip dari Kompas.com.

Alasan lainnya yang membuat otot tidak terbentuk adalah karena latihan setiap hari. Ya, hal ini justru terbukti kurang efektif buat membangun otot.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemulihan tubuh butuh waktu sekitar 48 jam untuk bisa mengembalikan ke performa sama. Artinya, jika latihan angkat beban pada hari Senin jam tujuh malam, maka performa akan kembali normal pada hari Rabu jam tujuh malam.

“Jika ingin latihan setiap hari, harus beda kombinasi latihan. Misal hari Senin angkat beban, Selasa cycling, kemudian hari seterusnya berbeda lagi,” ucap Triesca.

Perlu diingat juga, otot tidak terbentuk bisa terbentuk jika latihannya monoton. Menurut Triesca, dibutuhkan latihan kombinasi agar bisa memberikan efek pembentukan otot tubuh yang maksimal.

Terakhir, Triesca mengingatkan soal pola makan. Penting agar menjaga makanan dengan nutrisi seimbang, misalnya tidak makan karbohidrat berlebih atau kurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *