half marathon

BNI UI Half Marathon 2017

BNI UI Half Marathon 2017 adalah lomba lari hasil kerjasama Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) dan Bank BNI. Ajang ini untuk pertama kalinya digelar pada Minggu, 16 Juli 2017. Lomba yang mempertandingkan kategori 21K (half marathon), 10K dan 5K ini diikuti oleh sekitar 3.000 peserta dan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 150 juta.

Selain diikuti oleh keluarga besar Universitas Indonesia, ajang BNI UI Half Marathon ini juga diikuti oleh para atlit, komunitas dan juga masyarakat umum penggiat olahraga lari.

Suasana menjelang waktu start

Titik start dan finish BNI UI Half Marathon mengambil tempat di lapangan Rotunda, yang merupakan salah satu spot favorit untuk berfoto di Universitas Indonesia karena menampilkan gedung Rektorat UI sebagai latar belakang.

Sumber: BNI UIHM 2017

Para peserta lomba dilepas secara bertahap, dimulai dengan kategori 21K pada pukul 05.35 WIB, sampai dengan kategori 5K pada pukul 06.05 WIB. Masing-masing kategori memiliki rute yang berbeda, dengan persinggungan di beberapa lokasi.

Pelaksanaan lomba

Secara umum acara BNI UI Half Marathon 2017 berjalan dengan tertib dan lancar. Cuaca yang sejuk juga sangat mendukung berjalannya lomba.

Kondisi jalur lomba

Karena berlokasi di dalam lingkungan kampus UI Depok yang telah ditutup sejak Sabtu 15 Juli 2017 malam, maka otomatis jalur yang dilalui benar-benar steril dari kendaraan bermotor ataupun aktivitas warga. Lingkungan kampus UI Depok yang dipenuhi pepohonan rimbun menambah kenyamanan dalam berlari.

Lintasan yang dilalui umumnya berkontur datar dengan beberapa area yang menanjak, yakni di area menjelang Fakultas Ekonomi (dilalui oleh semua kategori lomba) serta area Asrama UI (dilalui kategori 21K).

Adanya pacer dengan beberapa target waktu juga menjadi catatan tersendiri bagi penyelenggaraan lomba ini.

Tercatat juga ada beberapa pejabat yang hadir dan mengikuti lomba ini, antara lain Ketua MPR Zulkifli Hasan, Deputi Senior BI Mirza Adityaswara dan Wagub DKI terpilih Sandiaga Uno.

Sumber: sindonews.com
Sumber: Facebook

Water station dan marshall

Water station yang diisi oleh Pocari Sweat terorganisir dengan baik di setiap 2.5km. Tempat sampah pun cukup memadai untuk menampung gelas-gelas yang digunakan peserta lomba.

Cukup banyak marshall yang bertugas pada acara ini dan menyebar di hampir sepanjang lintasan yang dilalui. Mereka juga sigap mengarahkan peserta, khususnya di jalur-jalur yang merupakan irisan antar kategori lomba.

Review dan harapan

Secara keseluruhan, acara BNI UI Half Marathon 2017 ini mendapatkan sambutan positif dari para peserta. Penyelenggaraan lomba berjalan dengan rapi dan sesuai jadwal. Kaos finisher juga disediakan untuk peserta kategori 21K.

Sedikit kekurangan yang menjadi perhatian sebagian peserta adalah tidak adanya papan petunjuk arah dan juga kilometer marker. Namun hal ini bisa diatasi oleh kesigapan para marshall dalam mengarahkan peserta lomba.

Dengan pengalaman yang bagus tahun ini, diharapkan pelaksanaan BNI UI Half Marathon tahun depan akan menjadi lebih baik lagi.

One thought on “Race review: BNI UI Half Marathon 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *