Tidak sedikit orang yang berlebihan makan atau minum saat berbuka puasa sehingga membuat perut kembung atau begah.

Jika Anda mengalami hal tersebut, cara terbaik mengatasinya adalah dengan berolahraga. Olahraga hanya selama lima menit juga ternyata dapat mengatasi masalah tersebut.

Namun, olahraga seperti apa yang dapat menanggulangi perut kembung hanya dalam lima menit? Berikut tipsnya seperti dilansir Hellosehat:

Kardio 5 menit

Olahraga kardio 5 menit setiap hari bisa bantu Anda mengatasi perut kembung yang tak kunjung sembuh. Kardio dapat meningkatkan pernapasan, detak jantung, serta merangsang otot dan saraf agar bekerja secara optimal.

Kondisi ini akan merangsang kontraksi alamiah usus. Otot usus yang berkontraksi secara efisien akan memperlancar pengeluaran makanan di usus dan membantu mengeluarkan gas yang menyebabkan rasa sakit.

Ada banyak jenis olahraga kardio yang bisa Anda lakukan, misalnya jalan cepat, berenang, bersepeda, dan jogging.

Sebagai permulaan, lakukan kardio minimal 5-10 menit setiap hari agar tubuh bisa beradaptasi terlebih dahulu. Kalau sudah terbiasa, tingkatkan waktu latihan kardio Anda selama 25 sampai 30 menit sebanyak 3 sampai 5 kali per minggu.

Yoga 5 menit

Setelah rutin olahraga kardio, lanjutkan dengan yoga untuk membantu mengatasi perut kembung.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Research and Management tahun 2006, remaja yang sering sakit perut karena kembung cenderung sembuh secara bertahap setelah rutin beryoga selama satu jam dalam empat minggu.

Nah, berikut ini adalah gerakan-gerakan yoga ringan yang bisa Anda lakukan selama lima menit setiap harinya.

1. Cat-Cow
2. Torso twist
3. Extended triangle pose
4. Sphinx pose
5. Extended puppy pose*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *