Renang bukan hanya asal bermain di dalam air. Ada beberapa perlatan yang kita butuhkan, salah satunya kacamata.

Kacamata renang digunakan agar kita bisa melihat jelas ketika berada di dalam air. Selain itu, alat ini juga berfungsi melindungi si pemakai dari penyakit mata yang mungkin bisa ditimbulkan akibat bahan kimia di air.

Untuk menopang performa saat berenang, dibutuhkan kacamata yang pas dan nyaman.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sewaktu memilih kacamata renang:

1. Tali Harus Pas

Pastikan untuk memeriksa bagian tali juga lebih dulu. Pilihlah tali yang memang gampang disesuaikan tapi juga bukan yang mudah lepas.

Tidak mudah memang dalam hal ini, karena akan mudah terlalu longgar atau terlalu kencang. Pilih yang paling nyaman bagi Anda supaya tak repot juga ketika memakainya.

2. Pilih yang Anti-Kabut

Pastikan juga untuk tak memilih kacamata yang gampang berkabut. Dengan kata lain, produk kacamata yang anti-fog adalah yang terbaik dan jauh lebih dianjurkan.

Kacamata renang bisa dengan mudah berkabut karena tergantung juga pada kondisi cuaca dan air.

3. Pilih yang Memiliki Frame Besar

Ketika berenang, tentu Anda akan menikmati waktu menyenangkan di dalam air. Sayangnya, pada banyak kasus perenang akan mengalami paparan terik sinar matahari secara langsung dan kemudian akhirnya malah menyebabkan adanya bekas pada area mata.

Pilihlah kacamata yang memang memiliki frame besar di mana tujuan utamanya adalah supaya tak ada bekas yang tertinggal pada area mata. Hal ini terlebih disarankan bagi yang punya kulit sensitif supaya lebih nyaman dan tak berakibat buruk bagi kulit.

4. Air Tak Gampang Masuk

Guna dari penggunaan kacamata renang adalah supaya mata terlindung dari kemasukan air. Tapi tetap saja ada produk kacamata yang bila dipakai, air akan mudah masuk dan mengganggu penglihatan ketika sedang renang.

Karet pinggiran yang kuat adalah inti dari kacamata renang yang baik dan aman. Pilih karen yang kuat sehingga air tidak masuk.

Jika kacamata renang gampang kemasukan air, tentu membuat penglihatan sama sekali terganggu.

5. Lensa Pas dan Nyaman di Mata

Pastikan bahwa lensa pada kacamata renang yang Anda pilih adalah yang paling nyaman bagi mata. Ada lensa kacamata renang yang terang maupun gelap dan ketika memilih pun lensa dalam tidak boleh sampai tersentuh atau terkena oleh jari tangan kita. Ketika kacamata renang tersebut anti-fog, bisa berisiko tergores atau rusak ketika kita menyentuhnya.

Cukup mendorongnya ke area mata dan menekannya sedikit agar menempel kita akan tahu apakah lensa tersebut cocok bagi kita atau tidak. Apabila tak mudah lepas dan pas-pas saja tanpa tali, artinya memang ukuran pas untuk kita dan tak mudah kemasukan air. Lensa dengan pelindung karet empuh akan lebih aman bagi mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *