Simak cara mengobati cedera tulang kering di bawah ini seperti dilansir Hellosehat.

Cara mengobati cedera tulang kering kaki setelah berlari

Sebagian besar kasus cedera tulang kering bisa ditanganu dengan mudah di rumah. Berikut langkah-langkah yang dapat membantu Anda mengurangi rasa nyeri dan mempercepat kesembuhannya:

1. Istirahat

Hindari aktivitas fisik yang dapat memperparah rasa nyeri atau mengakibatkan bengkak dan rasa tidak nyaman. Namun, bukan berarti Anda tidak usah beraktivitas sama sekali.

Sembari menunggu sembuh, Anda bisa melakukan olahraga low-impact, seperti berenang, yoga, dan bersepeda. Akan tetapi, hindari berlari selama kaki Anda masih nyeri karena hanya akan memperparah kondisinya.

2. Kompres es

Tempelkan kompres dingin pada area tulang kering kaki yang terasa sakit. Caranya, bungkus es dalam plastik dan lapisi dengan lap atau hamduk agar es tidak langsung menyentuh kulit. Kompres area yang nyeri selama 15-20 menit. Ulangi sebanyak 4-8 kali dalam sehari sampai terasa lebih baik.

3. Gunakan pereda nyeriAnda dapat mengonsumsi pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol yang dapat Anda beli di warung atau toko obat.

Anda dapat memulai aktivitas normal Anda secara perlahan setelah beberapa minggu jika rasa nyeri sudah hilang, namun sebelumnya Anda harus memastikan cederanya sudah sembuh.

Tanda-tanda cedera tulang kering Anda sudah sembuh

Lama kesembuhan cedera tulang kering kaki bisa bervariasi antar orang, tergantung seberapa parah cedera awalnya dan penyebabnya. Sebagian besar kasus cedera bisa sembuh dalam waktu 3 – 6 bulan. Ini tanda-tandanya bahwa kaki Anda sudah sembuh:

  • Kaki yang cedera sudah sama fleksibel (dapat ditekuk) dengan kaki yang sehat
  • Kaki yang cedera sudah sekuat kaki yang sehat
  • Anda dapat menekan bagian yang tadinya cedera dengan kuat; sudah tidak terasa sakit
  • Anda dapat jogging, lari, dan melompat tanpa rasa sakit

Jika setelah diobati dengan tiga langkah di atas cedera belum sembuh atau setelah 3-6 bulan Anda belum juga menunjukkan tanda-tanda di atas, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Dokter dapat merontgen kaki yang cedera untuk mengetahui seberapa parah kondisinya, dan merujuk Anda pada fisioterapis atau ke dokter spesialis bedah tulang untuk mengobatinya.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *