Penderita asma tentu tak bisa sembarangan dalam melakukan aktivitas fisik. Salah memilih olahraga, bisa-bisa penyakit menjadi semakin parah.

Kuncinya adalah kita perlu memilih aktivitas secara hati-hati. Berikut ini adalah beberapa pilihan olahraga yang baik bagi penderita asma, seperti dikutip dari Kompas.com.

1. Yoga

Yoga merupakan aktivitas yang sangat baik bagi penderita asma. Latihan pernapasan dapat mengaktifkan daerah lainnya di paru-paru.

Suatu studi menemukan, orang yang berlatih Hatha yoga selama dua setengah jam per minggu dan dalam 10 minggu, mereka dapat mengurangi obat-obatan asma yang mereka konsumsi. Manfaat yang sama juga dapat kita temukan dari Tai Chi, seni bela diri yang menekankan pernapasan.

2. Berenang

Olahraga ideal untuk penderita asma adalah berenang. Berenang dapat memberikan kita akses untuk bernapas dengan baik. Berenang juga dapat melonggarkan lendir yang terkumpul di paru-paru.

3. Olahraga raket

Tenis dan olahraga raket lainnya memungkinkan kita untuk mengeluarkan energi secara teratur di antara bermain dan istirahat di lapangan. Kita juga dapat mengatur kontrol dari kecepatan permainan. Misalnya, berjalan santai dalam mengejar bola.

Yang penting diingat, dehidrasi dapat memperburuk latihan dan menyebabkan asma. Jadi, usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk menghindari dehidrasi.

4. Berjalan

Sebuah studi menemukan, bahwa orang dewasa yang berjalan tiga kali seminggu selama 12 minggu, dapat meningkatkan kontrol dan kebugarannya tanpa menimbulkan serangan asma.

Kita dapat memulai dengan lima menit pemanasan, lalu berjalan selama 30 menit, dan diakhiri dengan pendinginan selama lima menit.

5. Golf

Permainan golf ternyata tidak hanya bermanfaat bagi pikiran saja. Aktivitas mengayunkan tangan dan berjalan ke tee selanjutnya ini, dapat membantu kita untuk mengurangi gejala asma. Tapi kita juga perlu berhati-hati, apabila memiliki alergi terhadap serbuk sari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *