Musim hujan telah tiba. Dalam kondisi cuaca dingin, biasanya kita cenderung malas bergerak. Padahal, kegiatan fisik sangat diperlukan agar tubuh tetap sehat.

Jangan jadikan musim hujan sebagai penghambat untuk melakukan suatu kegiatan, seperti berolahraga. Anda bisa menjadikan rumah Anda sebagai gym atau tempat oahraga.

Olahraga yang cocok saat musim hujan

Berikut ini olahraga yang masih bisa dilakukan ketika hujan:

Lari di tempat

Jogging juga bisa dilakukan di dalam ruangan-meski Anda tak memiliki treadmill. Caranya adalah dengan lari di tempat (ya, seperti olahraga zaman Anda sekolah dulu).

Menurut para ahli, lari di tempat adalah cara yang baik untuk pemanasan. Angkat lutut Anda lalu kembali ke lantai. Gerakan juga lengan Anda seperti berlari sungguhan.

Skipping

Jika Anda menginginkan latihan kardio, skipping adalah pilihan terbaik. Bukan cuma melatih pernapasan, Anda juga bisa mengolah fleksibilitas dan koordinasi anggota tubuh.

Olahraga high-impact ini juga bagus untuk kesehatan tulang dan membentuk pinggul, paha, dan paha bagian samping.

Caranya, pegang kedua pegangan tali di masing-masing tangan dan lakukan gerakan memutar ke depan tubuh Anda. Ketika menyentuh lantai, lakukan lompatan sekitar satu inci dari tanah.

Strength training

Ini adalah olahraga yang mudah dan murah dilakukan. Yang Anda perlukan hanyalah satu set dumbbell.

Jika tidak punya dumbbell, Anda bisa menggunakan botol kosong yang diisi dengan air atau pasir. Enaknya, latihan ini bisa dilakukan sambil bersantai menonton televisi.

Plank

Letakkan tubuh pada posisi push-up, namun bukan telapak tangan Anda yang menahan beban tubuh tapi gunakan lengan hingga siku. Tahan posisi ini selama 30 detik.

Latihan ini sangat menantang namun sangat bermanfaat untuk core area seperti perut dan punggung.

Yoga

Olahraga ini bukan hanya menenangkan tubuh, otak, dan pikiran, tapi juga baik untuk memperbaiki postur tubuh dan melatih fleksibilitas.

But the best part about practicing yoga is, it is one form of exercise that can be done regularly at home — you need not worry about going anywhere.

Pilates

Sama seperti yoga, pilates juga bisa dilakukan di rumah. Gerakan pilates melatih fleksibilitas tubuh Anda, memperlancar peredaran darah, dan pernapasan.

Coba salah satu gerakan yang mudah dilakukan berikut: berbaringlah di atas matras lalu lipat lutut ke arah dada. Angkat kepala dan dekatkan juga ke arah dada. Raih telapak kaki dengan kedua tangan Anda dan bertahanlah pada posisi ini selama 30 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *