Orang dengan penyakit tertentu dilarang melakukan beberapa jenis olahraga. Hal demikian juga berlaku untuk penderita asam lambung.

Aktivitas fisik yang kuat dapat membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Imbasnya adalah mual dan sakit perut.

Seperti dikutip dari Mens Health, satu studi menemukan bahwa asam lambung tiga kali lebih mungkin menungkat ketika menjalankan aktivitas fisik, salah satunya berolahraga.

Olahraga seperti jogging disarankan utnuk dihindari para penderia asam lambung karena memiliki intensitas tinggi. Olahraga tersebut menghasilkan asam lambung yang lebih tinggi dibandingkan olahraga dengan intensitas lebih rendah.

Selain itu, orang dengan indeks massa tubuh yang tinggi, rentan terkena gejala kenaikan asam lambung selama latihan. Mereka perlu memulai program latihan fisik untuk mengurangi berat badan mereka.

Lalu, olahraga apa yang baik untuk para penderita asam lambung? Cobalah aktivitas seperti yoga, bersepeda, dan berenang.

Gejala asam lambung sendiri bisa dipicu oleh mengkonsumsi makan besar sebelum olahraga. Ketika Anda berolahraga, adanya kenaikan asam lambung ke kerongkongan.

Ditambah lagi, Anda makan makanan berat, yang bisa memperparah kenaikan asam lambung.

Sebelum latihan, cobalah pilih makanan ringan macam granola atau buah-buahan. Trik ini menghindari Anda dari kelaparan di tengah latihan, serta pemburukan gejala asam lambung.

Untuk informasi lebih lanjut, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Bila gejala tidak ditangani, penyakit asam lambung bisa memburuk saat aktivitas berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *