Pernahkan Anda merasa kurang percaya diri? Tenang, Anda tidak perlu repot-repot menyewa motivator.

Ada cara sederhana untuk mendongkrak kepercayaan diri, yakin rutin berolahraga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga mampu meningkatkan rasa percaya diri. Perubahan fisik yang terjadi karena olahraga akan membuat kita terlihat lebih baik.

Menurut riset tahun 2000 yang diterbitkan dalam the International Journal of Sport Psychology, seperti dikutip dari Kompas.com, olahraga secara teratur adalah cara yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan diri bagi orang-orang yang konsisten berolahraga selama enam bulan.

Sementara itu, American Psychological Association (APA) melaporkan bahwa aktivitas fisik memiliki efek meningkatkan suasana hati dengan cepat.

Berkeringat saat berolahraga membuat produksi endorfin meningkat dan membuat kita merasakan hal yang luar biasa. Inilah yang membuat olahraga memiliki efek jangka panjang pada kesehatan mental.

Namun, permasalahan yang kerap menjadi batu sandungan untuk berolahraga adalah kesibukan. Menumpuknya tugas atau perkejaan membuat kita tak memiliki waktu buat melakukan aktivitas fisik.

Jika demikian masalahnya, maka bisa diatasi dengan olahraga yang tak banyak memakan waktu, misalnya aerobik.

Hanya 30 menit aerobik, sudah mampu memicu pelepasan beta-endorfin yang merupakan bahan kimia penurun stres dan kecemasan, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Olahraga dengan gerakan kecil seperti dansa, jalan-jalan bersama teman, dan yoga juga bisa dijadikan pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *