Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Beberapa tips meningkatkan kebugaran tubuh yang ada di artikel ini juga akan meningkatkan kesehatan jantung, membuat tubuh lebih lentur, dan meningkatkan daya tahan serta kekuatan tubuh Anda. Apa saja tipsnya seperti dilansir Hellosehat.com:

Bagaimana cara meningkatkan kebugaran tubuh?

Pada dasarnya, kebugaran adalah kondisi tubuh yang segar dan sehat. Ini berarti Anda memiliki cukup energi dan ketahanan tubuh untuk beraktivitas sehari-harinya.
Cara terbaik untuk meningkatkan kebugaran tubuh adalah berolahraga, apa pun jenis olahraganya.

Namun, olahraga sesekali saja tidak cukup untuk meningkatkan kebugaran. Apa lagi yang harus dilakukan? Simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Anda harus disiplin

Kedisiplinan bisa jadi musuh terbesar Anda ketika harus menjalani olahraga atau aktivitas fisik secara rutin. Sebenarnya, apapun tujuan Anda berolahraga, Anda perlu berolahraga secara teratur dan konsisten untuk melihat suatu peningkatan dalam mencapai tujuan Anda.

Entah itu menurunkan berat badan atau meningkatkan kebugaran tubuh. Anda bisa melihat hasilnya jika Anda melakukannya secara konsisten.

Anda sebaiknya berolahraga paling tidak tiga sampai lima kali per minggu. Setiap sesi ini harus berlangsung antara 30 sampai 60 menit.

Sebaiknya Anda buat jadwal khusus, kapan Anda akan olahraga dan olahraga apa saja yang akan Anda lakukan pada hari tertentu. Jadwal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk tetap konsisten dan disiplin.

2. Coba berbagai jenis olahraga, jangan yang itu-itu saja

Rasa bosan yang Anda rasakan, secara perlahan pasti akan membuat Anda menjadi malas untuk terus meningkatkan kebugaran tubuh. Bagaimana cara mengatasi rasa bosan?

Cobalah berbagai jenis olahraga, jangan hanya berlari, treadmill, atau hanya berenang. Melakukan berbagai macam aktivitas, akan terus membuat Anda termotivasi dan bersemangat.

Aktivitas olahraga yang berbeda juga akan berpengaruh pada tingkat kebugaran yang berbeda. Misalnya, berlari sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung, sementara angkat beban sangat bagus untuk meningkatkan kekuatan tubuh.

Menurut Will Torres, seorang pelatih fitness dari Amerika Serikat dalam Men’s Fitness menggabungkan kardio dengan olahraga yang bisa meningkatkan kekuatan tubuh adalah ide yang bagus.

Anda juga bisa mengikuti kelas olahraga atau mengajak teman-teman dekat atau kantor untuk membentuk tim olahraga.

3. Terus dorong diri Anda

Olahraga yang Anda lakukan untuk meningkatkan kebugaran tubuh, harus selalu lebih baik dari minggu ke minggu. Tingkatkan intensitas dan durasi olahraga Anda, terus dorong diri Anda untuk melampaui apa yang telah Anda capai untuk mencapai tingkat yang baru.

Akan tetapi, lakukanlah secara bertahap. Jangan langsung berolahraga terlalu keras bila belum terbiasa. ketahui juga batas kemampuan tubuh Anda, jangan memaksakan diri terlalu berlebihan.

Cara ini akan membantu Anda untuk tetap aktif dan terus termotivasi untuk tetap berolahraga. Dengan begitu, Anda akan tetap merasa tertantang dengan berbagai aktivitas olahraga.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *