Walaupun saat berlari harus bermandi sinar matahari dan keringat, tetapi tidak menyurutkan keinginan wanita untuk tampil cantik. Memulas wajah dengan kosmetik adalah salah satu cara agar tetap terlihat menarik.

“Jika ingin memakai make up (saat berlari), pilih yang berbahan ringan seperti bb cream dan sebaiknya oil free.” Kata Dr. Novrina Indrawati, Spesialis Kecantikan Kulit, saat membagi ilmu tentang “Lari Cantik dan Kulit tetap Sehat” di Seminar Doctor to Runner: Run to be Healthy. “Sebelum mengaplikasikan bb cream sebaiknya menggunakan sunscreen terlebih dahulu sebagai perlindungan kulit dari sinar matahari.” Lanjutnya.

Penggunaan sunscreen ini memang penting jika ingin berlari di ruangan terbuka dan terpapar sinar matahari. Dalam ulasan Bugaraga di 5 Tips dalam Menjaga Kesehatan Kulit bagi Wanita yang Gemar Berlari, dijelaskan bahwa berlari di luar ruang membuat kulit kita terancam dampak buruk dari sinar ultraviolet.

Salah satu cara untuk mengurangi dampak buruk UVA/UVB adalah memakai sunscreen. Sebaiknya tidak terlalu irit dalam menggunakan sunscreen, karena fungsinya untuk menutupi permukaan kulit. Aplikasikan pada kulit minimal 20-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruang. Lebih baik lagi jika diulang pemakaiannya setiap 2 jam sekali.

KOSMETIK APA SAJA YANG AMAN DIPAKAI SAAT BERLARI?

Setelah menggunakan sunscreen, kita bisa menggunakan ragam kosmetik yang dirasakan perlu. Akan tetapi jangan lupa tetap memilih kosmetik yang aman. Dr. Novrina membagikan tips-nya sebagai berikut:

BB cream

Jika memang kita merasa perlu menggunakan cushion, pilihlah yang berbahan ringan seperti bb  cream. Produk jenis ini banyak beredar di pasaran. Sesuaikan dengan jenis kulit masing-masing.

Blush on

Sebenarnya penggunaan perona pipi saat berlari tidak terlalu perlu karena kita bisa mendapat efek merah alami dari hawa panas tubuh saat berolahraga. Akan tetapi jika ingin menggunakan perona pipi bisa memilih yang berbentuk cream atau liquid.

Lip balm

Jangan lupa untuk melindungi bibir kita! Kita bisa memilih lipbalm yang mengandung SPF agar bibir kita terlindung dari sunar ultraviolet. Lipbalm juga sebagai pelindung bibir kita agar tidak mudah kering.

Eye Shadow

Sebenarnya penggunaan kosmetik pada area luar mata tidak terlalu disarankan karena takut mengenai bola mata saat luntur karena keringat.

MEMILIH KOSMETIK BEBAS MINYAK

Sebenarnya kosmetik yang berbahan minyak lebih awet di kulit. Tetapi hal ini tidak baik jika digunakan untuk berolahraga. Menurut Dr. Novrina, kosmetik yang berbahan dasar minyak akan menutup pori-pori dan membuat keringat tidak keluar.

Lalu apa dampak buruknya bagi kulit?

Apabila keringat tidak dapat keluar karena area pori-pori yang tertutu, kulit kita akan terkena resiko jerawat. Tidak ada yang menginginkan kulit cantiknya tumbuh jerawat. Jadi, yuk kita ikuti saran dari ibu dokter ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *