Latihan sepeda statis adalah hal biasa. Jika ingin sesuatu yang berbeda, cobalah SoulCycle.

Apa itu SoulCycle? Mungkin beberapa dari Anda yang masih asing dengan nama ini.

SoulCycle merupakan jenis olahraga sepeda statis dengan intensitas tinggi. Sambil bersepeda, peserta juga akan diajak berlari dan menari diiringi musik yang menambah semangat.

Durasi latihannya sendiri adalah 45 menit sampai satu jam. Peserta dibimbing oleh instruktur yang akan mengarahkan gerakan menari, juga mengatur ritme mengayuh sepeda statis dengan cepat atau lambat,

SoulCycle didirikan oleh Elizabeth Cutler dan Julie Rice sejak 2006. Tujuannya untuk memadukan manfaat bersepeda dengan mengarahkan pikiran Anda ke keadaan yang lebih baik.

Olahraga ini menggerakkan seluruh tubuh dan menggabungkan sebagian besar otot tubuh selama beberapa rangkaian. Peserta yang rutin melakukannya akan merasakan lengan dan kaki yang lebih ramping.

Diperkirakan satu sesi SoulCycle bisa membakar sekitar 700 kalori atau lebih. Perpaduan antara musik, instruktur penuh semangat, dan suasana kelas yang enerjik membuat peserta lebih semangat olahraga dan membakar banyak kalori.

Untuk mencobanya pertama kali, jangan ragu untuk meminta bantuan pada instruktur agar bisa bergerak dengan nyaman. Anda bisa bertanya apakah sepatu sudah cukup ketat atau bagaimana cara menyesuaikan sepeda.

Ketika pertama kali mencoba, ada kemungkinan Anda tak suka olahraga ini atau merasa tak cocok dengan instruktur. Namun, selalu berikan kesempatan kedua siapa tahu Anda menemukan kecocokan pada lain kesempatan.

Setelah nyaman dengan olahraga ini, tantang diri sendiri. Karena pada setiap sesi bisa jadi mudah atau berat, tergantung bagaimana cara Anda menjalankannya.

Ingatlah bahwa setiap gerakan adalah perjalanan. Jika terlalu mudah, tambahkan energi Anda, tetapi saat berada di titik lelah, tak perlu menambahkan beban.

Setelah itu, perhatikan dengan saksama kemajuan yang telah Anda capai. Ukur diri sendiri di depan cermin, perhatikan jumlah jeda yang dibutuhkan, pastikan selalu ada peningkatan dalam setiap sesi.

Saat menjalankan olahraga ini, rasakan setiap gerakan dan energi. Rasakan saat diri sendiri mendorong dan memecahkan hambatan. Rasakan keringat mengucur dan ini akan membuat Anda lebih tenang.

SoulCycle dan jenis olahraga sepeda lainnya berada di daftar atas dalam olahraga intensitas tinggi. Sebuah studi dari Swedia menemukan bahwa satu jam kelas sepeda cukup untuk memicu pelepasan bahan kimia darah yang berhubungan dengan tekanan jantung

“Temuan semacam ini juga telah terlihat dengan tenaga yang lama seperti maraton,” kata penulis studi Dr. Smita Dutta Roy dari Rumah Sakit Universitas Sahlgrenska di Swedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *