Bugaraga – Memiliki perut ramping tanpa lemak sepertinya hanya jadi dambaan saja, tapi dengan bersepeda ternyata kamu bisa loh mendapatkan perut ramping yang selama ini kamu idam-idamkan.

Bagian perut maupun pinggang biasanya sering menjadi tempat menumpuknya lemak yang tidak diinginkan, namun ternyata dengan bersepeda bisa membantumu menghilangkan lemak-lemak itu demi mendapatkan badan ideal.

Berikut beberapa cara jika kamu ingin menggunakan sepeda untuk membakar lemak-lemak jahat yang ada di badanmu.

  1. Lakukan latihan Interval untuk menghilangkan lemak-lemak itu

Latihan Interval adalah suatu latihan pendek dengan intensitas yang tinggi dan dilakukan secara berulang, kemudian secara bertahap diikuti dengan durasi latihan yang lebih panjang untuk memulihkan diri.

Latihan interval dengan menggunakan sepeda dilakukan tidak lebih dari 2 kali dalam seminggu, sejumlah penelitian menemukan bahwa pelatihan dengan intensitas tinggi secara signifikan bisa mengurangi lemak termasuk lemak yang berada di perutmu.

Serta olahraga dengan intensitas tinggi juga bisa membantu menahan nafsu makan dan memicu hormon yang mengatur perasaan lapar dan kenyang, jadi kamu cenderung tidak makan terlalu banyak.

  1. Tetap terkontrol dalam melakukan latihan Interval ini

Tetap terkontrol dan jangan berlebihan dalam melakukan latihan Interval dengan intensitas tinggi, karena jika berlebihan akan berefek negatif ke badan kamu.

Lakukan latihan ini selama maksimal dua kali dalam seminggu dan jika kamu menginginkan latihan bersepeda lagi,  kamu bisa melakukan latihan dengan kecepatan yang terkendali, tidak secepat latihan interval.

  1. Menggunakan aturan 80/20 untuk membakar lemak perut

Ada yang namanya “aturan 80/20” atau pelatihan terpolarisasi, yang berguna untuk menyeimbangkan intensitas pelatihan. Latihan ini bisa kamu coba untuk membakar lemak perut serta bisa membuat badanmu terasa lebih segar.

Jadi, aturan 80/20 ini adalah menghabiskan 80% waktu berkendara dengan intensitas rendah dan 20% pada intensitas sedang hingga tinggi. Dengan melakukan latihan ini, ketika kamu melakukan latihan dengan intensitas tinggi, maka kamu masih memiliki cadangan energi untuk mengayuh sepeda.

  1. Tidak makan ketika melakukan latihan normal

Sebenarnya makan atau tidak makan ketika memulai latihan normal dalam bersepeda disesuaikan dengan kemampuan tubuh masing-masing dan kebutuhan latihan sepeda seperti apa yang akan kamu lakukan.

Jika melakukan latihan dengan intensitas rendah, kamu bisa memulai dengan perut kosong (bisa dengan meminum kopi atau teh sebelumya).  Tidak makan sebelum bersepeda akan membantu tubuhmu untuk membakar lebih banyak lemak, karena tubuhmu akan memanfaatkan lemak itu untuk menjadi bahan bakar yang berefek pada lemak pada tubuhmu menjadi berkurang. Tapi, Jika kamu bersepeda lebih dari dua jam, bawalah makanan didalam tas mu.

Tapi ingat, sesuaikan dengan kemampuan tubuhmu dan jenis latihan seperti apa yang akan kamu lakukan, jangan dipaksa, hanya karena ingin menurunkan berat badan dan melakukan latihan dengan intensitas tinggi kemudian tidak makan, bisa-bisa kamu berakhir di rumah sakit.

  1. Bersepeda bolak-balik dalam melakukan aktivitas sehari-hari

Perjalanan bolak-balik dengan sepeda sekitar 30 menit, bisa memberi manfaat untuk membakar lemak juga loh.

Sebuah jurnal yang berjudul “Journal of Epidermiology & Community Health”  menceritakan mengenai orang-orang yang bersepeda hanya dengan 10 menit bolak balik tiap harinya bisa menghilangkan beberapa gram berat badannya dan meningkatkan BMI mereka selama kurang lebih dua tahun. Kalau dipikir-pikir lumayan juga berkurangnya. Iya kan?

Semakin lama lemak menumpuk di perut bisa jadi penyakit lho, bisa-bisa kamu kena kolesterol, diabetes ataupun jantung. Jadi jangan sampai kena penyakit dulu baru berolahraga, karena selagi kamu masih sehat dan memiliki waktu luang maka manfaatkanlah dengan berolahraga! Keep healthy ya!

 

 

 

 

Anisa Febriandany
A writer who's trying to lead a healthy life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *