Anda mungkin menganggap peregangan hanya dilakukan oleh pelari atau pesenam, tetapi sebenarnya peregangan diperlukan untuk menjaga otot dan pergerakan sendi.

Kesalahan lainnya, umumnya kita mengira bahwa peregangan diperlukan untuk memanaskan otot dan menyiapkan otot untuk aktivitas. Akan tetapi, banyak penelitian menunjukkan bahwa melakukan peregangan sebelum pemanasan justru akan mencederai otot.

Ketika otot dalam kondisi “dingin”, serat otot tidak siap dan dapat mengalami kerusakan. Bila Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu, otot akan mendapatkan aliran darah dan jaringan akan lebih lentur dan mudah untuk berubah bentuk.

Untuk memanaskan otot sebelum peregangan setidaknya diperlukan lima hingga 10 menit aktivitas ringan, misalnya jalan cepat. Anda juga bisa melakukan peregangan setelah latihan aerobik atau angkat berat.

Seperti dikutip flexfreeclinic.com, Olahraga berat menyebabkan otot memendek dan mengencang. Selain itu, penyebab otot memendek lainnya antara lain kebiasaan postur secara umum, dan karena proses penuaan dan penyalahgunaan otot.

Peregangan dapat membantu memanjangkan otot dan tendon, hingga kembali ke rasio tegangan panjang otot normal.

Peregangan menjaga otot tetap fleksibel, kuat dan sehat, dan kita memerlukan fleksibilitas untuk menjaga kisaran gerak sendi. Tanpa fleksibilitas, ketika otot akan digunakan untuk beraktivitas, otot menjadi lemah dan tidak dapat memanjang, yang menimbulkan risiko nyeri sendi, regangan dan kerusakan otot.

Misalnya, duduk di kursi sepanjang hari akan menyebabkan otot hamstring di bagian belakang paha mengencang. Hal ini menyebabkan sulit untuk meluruskan lutut yang dapat mengganggu berjalan.

Begitu juga ketika otot yang mengencang tiba-tiba digunakan untuk aktivitas berat, otot dapat mengalami kerusakan akibat teregang tiba-tiba. Otot yang cedera tidak cukup kuat untuk menyokong sendi, yang dapat menyebabkan cedera sendi.

Peregangan yang dilakukan satu tidak akan memberikan fleksibilitas secara instan. Anda harus melakukannya berulang kali. Diperlukan beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk menjadi fleksibel.

Lakukan program peregangan harian dengan melakukan setidaknya tiga hingga empat kali dalam seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *