VO2 max dan latihan kecepatan seringkali menjadi latihan favorit pelari karena mereka akhirnya mendapat kesempatan untuk berlari secepat mungkin dan mendorong batas kemampuan tubuh.

Namun, penting untuk mengetahui bagaimana rasa latihan ini agar kita tidak melakukan sesi 12 x 400 meter terlalu cepat dan menyelesaikan lari dengan perasaan lemas dan kecepatan yang menurun. Dari segi kecepatan, VO2 Max dilakukan dengan kecepatan lomba 5K atau lebih cepat lagi.

Keuntungan Latihan VO2 Max

Seperti dilansir Dunialari.com, VO2 max adalah tingkat maksimum kadar oksigen yang dapat digunakan tubuh ketika sedang berlari.

VO2 max merupakan kombinasi dari kemampuan jantung memompa darah yang kaya dengan oksiden dan efisiensi otot dalam menarik dan menggunakan oksigen tersebut.

Latihan VO2 max akan meningkatkan jumlah oksigen yang dibutuhkan tubuh; semakin banyak oksiden yang dapat digunakan, semakin cepat kamu akan dapat berlari.

Karena latihan VO2 max dilakukan dengan kecepatan diatas jenis latihan lain, latihan ini memaksa kita untuk berlari secara lebih efisien dan dengan postur tubuh yang baik.

Mengembangkan kemampuan untuk mengetahui rasa yang dihasilkan VO2 max akan memberikan kita kesempatan untuk terus mendorong batas kemampuan kita ketika latihan kecepatan dan menyelesaikan tiap lari dengan perasaan kuat.

Bagaimana VO2 Max Terasa

Latihan VO2 Max akan terasa sulit (“near maximum effort”). Napas akan terengah-engah dan kamu merasa seakan-akan kamu hanya mampu berlari tidak lebih dari 100 meter lagi setelah menyelesaikan latihan.

Biasanya latihan VO2 Max memerlukan rasio pernapasan pendek untuk memaksimalkan jumlah oksigen dalam paru-paru.

Banyak perlari menggunakan ritme 1:2 (1 langkah menarik napas, 2 langkah membuang napas). Ini akan meningkatkan frekuensi pernapasan menjadi 60 tarikan napas per menit.

Tes Bicara

Di awal latihan kita akan dapat mengucapkan beberapa kata namun tidak 1 kalimat penuh. Di penghujung latihan, seharusnya kita tidak akan bisa mengucapkan apa-apa lagi.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *