Bugaraga – Sibuk dan macet. Dua alasan klasik masyarakat di kota besar enggan melakukan olahraga. Padahal jika ada niat, olahraga tak butuh waktu lama dan bisa dilakukan di awal hari. Pagi hari merupakan waktu yang tepat, karena udara masih segar. Hingga kini, lari dipercaya sebagai olahraga yang mudah, murah, serta bisa dilakukan dimanapun.

8 manfaat tak terduga yang bisa Anda dapatkan dari lari pagi

  1. Membantu tidur lebih nyenyak

Menurut penelitian, wanita usia 50-75 tahun dengan berat badan berlebih yang melakukan lari tiap pagi, memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga. Bagi Anda yang terpaksa begadang karena sering mengalami insomnia, lari pagi bisa jadi solusi untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

  1. Baik untuk kesehatan mental

Gambar: Life Style Sports Blog

Bicara soal kesehatan, tak hanya fisik saja, tapi juga mental. Perasaan putus asa dan sedih yang terus-menerus dapat berujung pada depresi, yang pada akhirnya bisa menghambat produktivitas seseorang.

  1. Menghambat penuaan dini

Gaya hidup yang tak sehat, seperti junk food, kurang olahraga, begadang, serta paparan polusi dapat menghambat kemampuan tubuh untuk melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Lari pagi setiap hari selama 30 hingga 40 menit selama 5 hari dalam seminggu dapat mengurangi penuaan hingga 9 tahun.

  1. Memperkuat tulang dan sendi

Penelitian menyebutkan orang yang rutin melakukan lari di pagi hari memiliki tulang yang lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan aktifitas fisik apapun. Olahraga yang terbilang fleksibel karena bisa dilakukan dimanapun, dapat membantu meningkatkan kepadatan serta kekuatan tulang, sehingga mencegah osteoarthritis dan osteoporosis. Akan tetapi karena olahraga lari ini sifatnya menahan beban tubuh, orang dengan riwayat radang sendi sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu ke dokter sebelum melakukan olahraga ini, untuk menghindari pembengkakan sendi.

  1. Memperbaiki mood

Saat berlari, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yang kemudian berinteraksi dengan reseptor otak untuk melepaskan perasaan bahagia serta mengurangi rasa stres, cemas, dan depresi. Mood yang baik di pagi hari tentu akan sangat membantu Anda dalam menjalani hari.

  1. Kesehatan jantung

Olahraga lari adalah salah satu bentuk latihan kardio, yang membantu memompa darah lebih cepat ke jantung dan memperkuat otot-otot jantung. Efeknya, bukan hanya mencegah penyakit stroke dan jantung, tapi juga membantu menurunkan tekanan darah, kadar dula dalam darah, serta kolesterol hanya dengan rutin berlari tiap pagi.

  1. Membentuk otot

Gambar: nge.jp

Bagi Anda yang menginginkan badan terlihat lebih kencang, lari di pagi hari bisa jadi pilihan yang tepat. Aktifitas fisik ini membuat sejumlah otot-otot bekerja bersamaan dan konstan, seperti otot paha belakang, otot betis, otot gluteus.

  1. Membantu mengurangi berat badan

Masih dalam proses penurunan berat badan? Lari pagi saja setiap hari! Tak perlu lama dan terburu-buru. Cukup 20 menit setiap harinya. Kombinasi antara lari serta pola makan yang tepat akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat, karena lari merupakan salah satu latihan aerobik yang memperlancar metabolisme tubuh, yang membuat tubuh mampu membakar lemak dengan lebih cepat.

 

Yuk bangun lebih pagi melintasi kilometer demi kilometer!

Semoga bermanfaat.

 

Cover picture: Longevity

Rahajeng Kurniawati
A lifelong learner who loves to run and travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *