Mandiri Jakarta Marathon akan kembali digelar tahun ini dengan mengusung tema “Never Give Up”. Lomba lari terbesar di Indonesia tersebut akan berlangsung, Minggu (29/10/2017) di Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Sebanyak 16.000 pelari telah terdaftar sebagai peserta termasuk 1.585 pelari asing dari 50 negara. Memasuki penyelanggaraan tahun ke-5, ajang yang berhadiah total Rp 774 juta ini memperkenalkan beberapa hal baru dan terus melakukan inovasi.

Penyempurnaan dan pembenahan infrastruktur dilakukan agar Jakarta sejajar dengan kota-kota maraton kelas dunia.

Di antaranya program live streaming full marathon 42 kilometer, fasilitas Mandiri Jakarta Marathon virtual run dan peluncuran theme song MJM yang berjudul “Kuberlari”.

MJM tahun ini akan melombakan lima kategori lari yakni full marathon (42 km), half marathon (21 km), 10K (10 km), 5K (5 km), dan Marathoonz (Children’s Sprint).

Terkait rute, tidak ada perubahan dari MJM 2016 dan tetap mempertahankan keindahan landmark-landmark ikonik Jakarta.

Di antaranya Kawasan Kota Tua, Fatahillah Square, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, Monas, dan Bunderan Hotel Indonesia.

Rute lomba yang akan dilewati oleh peserta MJM 2017 telah memenuhi kalibrasi dan memperoleh sertifikat dari Association of International Marathon and Distance Races (AIMS) dan International Association Federation (IAAF) dengan nilai grade A dan tingkat elevasi rute 0 m/km.

Chairman Jakarta Marathon Sapta Nirwandar berharap, melalui tema tersebut, MJM 2017 dapat semakin menyulut semangat para pelari Indonesia dan dunia untuk berlomba dengan semangat pantang menyerah.

“Dalam perjalanannya, MJM mampu memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Jakarta. Semoga event ini bisa lebih besar setiap tahunnya,” kata Sapta, Kamis (18/10/2017).

“MJM harus bisa bersaing dengan event maraton besar lain seperti New York Marathon atau Boston Marathon,” ujar Sapta.

Sementara itu, Promotor dan Organizer MJM, Ndang Mawardi, mengatakan. “Dukungan nyata dan sinergi berbagai pihak, baik pemerintah mau pun mitra kerja, di tengah situasi ekonomi yang belum sepenuhnya pulih menjadi tambahan energi dan optimisme kami untuk terus konsisten dengan ritme yang tinggi memajukan sport tourism nasional.”

Pengambilan perlengkapan lomba MJM 2017 akan bisa dilakukan pada 26-28 Oktober 2017 di Kuningan City, lantai 2, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *