Kebanyakan orang menghindari makan sebelum olahraga. Alasannya adalah karena takut perut menjadi penuh atau lainnya.

Padahal, asupan sebelum beraktivitas fisik sangatlah penting. Sebagai contoh, kita membutuhkan gula dari makanan yang masuk ke tubuh.

Gula dalam tubuh merupakan bahan bakar yang bisa menimbulkan energi bagi tubuh kita. Jika perut kosong, maka kadar gula pun menjadi rendah dan bisa menyebabkan pingsan.

Ada beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan untuk disantap sebelum olahraga dan menjamin tubuh kita memiliki cukup karbohidrat selama kita berolahraga.

Apa sajakah itu?

Gandum

Gandum termasuk ke dalam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Hal ini menjamin untuk memberikan energi selama proses olahraga.

Nasi merah

Bagi yang menghindari kalori terlalu banyak sebelum berolahraga, maka nasi merah adalah salah satu pilihan yang bisa dicoba. Secara jumlah karbohidrat memang nasi merah kalah dengan nasi putih.

Tapi dari segi kalori, nasi merah jauh lebih rendah dari nasi putih. nasi merah ini termasuk ke dalam makanan yang rendah kalori dan mengenyangkan.

Biji–bijian

Mengkonsumsi biji – bijian bisa menjadi sumber energi juga bagi tubuh kita selama berolahraga. Biji – bijian mengandung protein dan karbohidrat kompleks yang bisa membuat kita kenyang dan mendapat energi dalam waktu lama.

Hal yang harus diperhatikan dari konsumsi biji-bijian ini adalah jumlahnya. Terlalu banyak mengkonsumsi biji-bijian pun bisa menyebabkan meningkatnya produksi gas di dalam perut.

Telur dan Roti

Mengkonsumsi telur dengan roti bisa menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain itu banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam makanan ini menjadikan telur dan roti menjadi sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum olahraga.

Kafein

Hal lain yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum olahraga adalah kafein. mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang cukup bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita saat berolahraga.

Kafein bisa meningkatkan energi ketika berolahraga. Hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi kafein ini selain jumlah adalah jangan konsumsi produk kafein yang mengandung terlalu banyak gula dan soda.

Juga jangan hanya mengkonsumsi kafein sebelum berolaharga, makanan tetap lebih baik dan dianjurkan daripada hanya minuman berkafein saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *