Setelah berolahraga, tenaga tentu terkuras. Dibutuhkan asupan tepat untuk mengganti nutrisi yang hilang.

Ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya Anda konsumsi setelah melakukan aktivitas fisik.

Berikut ini maknaan dan minuman yang wajib Anda konsumsi untuk mengemmbalikan kondisi tubuh.

1. Air Mineral

Keringat yang keluar setelah berolahraga menyebabkan Anda kehilangan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti sodium, dan potassium sehingga perlu digantikan.

Untuk itu, sangat penting untuk meminum air mineral setelah lelah berolahraga.

Untuk setiap kilo yang hilang selama berolahraga, Anda perlu minum sekitar 2-3 cangkir air (sekitar 1 liter air per satu kilo berat yang hilang).

2. Jus

Beberapa jenis jus memberikan cairan dan karbohidrat serta mengandung potassium.

3. Sport drink

Tak hanya jus, sport drink juga bagus karena tidak hanya menyediakan cairan dan karbohidrat, tetapi juga memberi mineral yang akan seimbang yang kemungkinan banyak hilang dari keringat.

Biasanya sport drink agak ringan dan berasa manis sehingga membuat Anda selalu ingin minum lebih banyak.

4. Karbohidrat

Setelah melakukan olahraga yang berat, tubuh Anda membakar banyak karbohidrat. Ini adalah bahan bakar utama untuk tubuh yang mendukung kinerja otot dan juga untuk mengganti tenaga yang hilang secepatnya.

Jumlah yang disarankan sekitar 1,4 gram karbohidrat per kg berat badan. Artinya sekitar 100 gram karbohidrat dibutuhkan untuk orang yang memiliki berat 75 kg, Karbohidrat sehat adalah buah, biji-bijian utuh, dan karbohidrat alami dari produk olahan susu.

Karbohidrat jenis tersebut baik untuk dikonsumsi sebagai snack awal pada proses recovery.

5. Protein

Sedikit protein sangat penting dalam proses recovery. Protein juga membantu memperbaiki otot yang rusak dan membentuk kembali otot setelah olahraga.

Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi. Sekitar 10 gram protein sudah cukup.

Makanan atau snack yang ideal dikonsumsi seteiah olahraga adalah kombinasi dari karbohidrat dan protein. Itulah mengapa atlet sering kali memilih sandwich yang menggunakan roti gandum utuh dengan pelengkap yoghurt dan buah, protein dari shake yang dibuat dengan tambahan susu dan buah, atau minuman diformulasikan spesial untuk recovery.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *