Tepat satu pekan lalu League menggelar ajang lomba lari pada malam hari yang berlangsung di kawasan Gold Pondok Indah. Sesuai namanya, League Valiant Night Run digelar dalam rangka peluncuran sepatu lari dari League yang diberi nama ‘Valiant’.

Saya pun menjadi salah satu yang mendapat privilese menjajal pertama kalinya sepatu lari yang disebut sebagai ‘All In One Shoes‘, dimana semua fitur yang dibutuhkan para pelari ada di sepatu ini.

Selama ini League dikenal dengan sepatu yang ringan, namun kini melebarkan kebutuhan sepatu lari yang bukan hanya ringan, namun juga dapat tetap stabil dan nyaman dipakai dalam jarak yang lebih jauh (endurance).

Peluncuran League seri ‘Valiant’ di Sportindo Golf Gallery Pondok Indah Jakarta (8/3/2019).

We proud creating something cool and functional made by young Indonesian designers,” ujar Alan Hardy selaku Creative Director, Product Development League.

Karena merupakan sepatu buatan dalam negeri, League dapat bersaing dalam segi harga. Namun bukan berarti mengabaikan segi kualitas. ’Valiant’ hasil karya desainer-desainer muda terbaik Indonesia yang tergabung dalam R&D League.

Dalam pengerjaannya, ‘Valiant’ mengaplikasikan terknologi terbaru di bidang lari dan telah melewati pengembangan dan uji coba yang bekerjasama dengan Lembaga global yang berpusat di Amerika.

Dalam acara peluncuran ‘Valiant’, saya mendengar Alan Hardy yang mengakui bahwa desainer-desainer muda yang tergabung dalam R & D League sama hebatnya dengan desainer-desainer dari brand global ternama. Alan adalah ekspatriat yang telah malang melintang di dunia persepatuan global dan telah sudah 2 tahun bergabung dengan League.

Kehadiran Pelari Jarak Jauh di Peluncuran ‘Valiant’

Selain tim dari internal League, pada  peluncuran League ‘Valiant’ juga muncul para pelari yang tergabung dalam League Running Buddies. Ada tiga sosok sebagai perwakilan dari League Running Buddies yang menceritakan pengalaman berlarinya, yaitu Xtoredy, Carla Felany, dan Fedi Fianto.

Kira-kira satu tahun lalu, saya sudah pernah mewawancara Xtoredy bersama Xcamp. Saat itu Bugaraga sedang aktif membuat acara berseri ‘Yoga for Runner’ dan Xcamp menjadi salah satunya.

Walaupun rajin berlari, Xtoredy juga aktif bersepeda dan berenang karena fokusnya adalah triathlon. Target tahun ini adalah mengikuti Ironman 140.6 di Barcelona.

Masih ingat pelari Indonesia yang melakukan kegilaan berlari di Kutub Utara? Nah, dia adalah Fedi Fianto. Beruntung juga saya pernah merilis artikel tentang Fedi ini yang memang hobi berpetualang dan kini dipertemukan lagi dalam bagian League Running Buddies.

Selain dua nama di atas, senang rasanya dengan kehadiran sosok Carla Felany hadir di acara peluncuran ‘Valiant’. Satu wanita kuat di antara 2 pelari pria membuat malam peluncuran menjadi lebih fresh.

Walaupun belum pernah mewawancarai langsung, namun diam-diam suka mengikuti kegiatan ibu pelari ini dari akun Instagram pribadinya @carlafelany.

Carla Felany, seorang pelari wanita yang sedang giat-giatnya mengikuti ajang lari ultra. Carla akan berlari sejauh 120 km dalam Bintaro Loop Ultra 120K yang akan digelar pada Sabtu ini, 16 Maret 2019.

Akankah Carla memakai ‘Valiant’ dalam ajang lari ultra ini? Tunggu liputan berikutnya dari Bugaraga, ya!

Sebelum League Valiant Night Run digelar, League Running Buddies sudah diberi kesempatan untuk mencoba sepatu unggulan terbaru dari League ini dalam beberapa minggu sebelumnya. Dan rencananya akan dipakai dalam rencana event lari yang berlangsung selanjutnya.

Material ‘Valiant’ untuk Berlari di Jarak Jauh

Saat bertemu dengan ‘Valiant’, saya sudah jatuh cinta dengan warna merah cabai yang menyala. Sedikit kombinasi hitam yang membuat sepatu ini terkesan lebih ‘manly’. Namun sebenarnya ada 2 pilihan warna yang dilepas ke pasaran. Kalau menyukai warna netral, pelari bisa memilih warna abu-abu kombinasi variasi hitam dan putih.

League seri ‘Valiant’ juga menawarkan pilihan warna abu-abu kombinasi hitam dan putih.

Dalam peluncurannya, League mengklaim bahwa ‘Valiant’ adalah sepatu lari lokal ‘stability’ dan ‘endurance’ pertama di Indonesia. Sepatu ini diformulasikan untuk berlari jarak jauh.

Sepatu lari ini memiliki bagian atas yang terbuat dari Translucent Single Mesh, sebuah material upper yang “see through”. Buat kita yang sering berlari di iklim tropis Indonesia, material ini sangat cocok karena ringan dan punya kemampuan super breathability.

Kalau ada yang bertanya berapa tinggi heel di solnya, saya menjawab 6mm. Ukuran ini disebutkan dapat membantu gerakan lari yang natural. Namun League member support tambahan agar gerakannya lebih stabil dan mencegah cedera.

Terdapat juga Maximum Ride Support pada ‘Valiant’, sebuah teknologi high-end dan up-to-date dalam pembuatan midsole.

DuaRide: sebuah dynamic cushion yang memberikan kenyamanan ekstra juga kestabilan disaat transisi pergerakan kaki. Bantalan ini juga dirancang untuk memberi kenyamanan pada kaki saat melakukan berbagai aktivitas. Serta ShankPlate pada bagian tengah dapat mentransfer energi dari tumit ke telapak dan jari kaki sewaktu melakukan tolakan.

Oiya, untuk outsole dalam ‘Valiant’ terbuat dari solid rubber. Material ini dinyatakan lebih kuat dan tahan lama, serta dapat memberikan traksi yang lebih baik lagi.

Semua keunggulan tersebut yang membuat ‘Valiant’ cocok untuk kamu yang memiliki resolusi mencapai lari jarak jauh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *