LARI HALAL BIHALAL RFI

Cuaca yang tepat untuk berlari. Belum terlalu terik dan juga tidak hujan. Cahaya matahari masih malu-malu muncul dari balik ranting dan dedaunan di tempata saya berdiri di pagi itu. Pukul 6 pagi memang langit sudah tidak gelap lagi, tapi juga belum terlalu silau. Meski sudah tidak terlalu pagi namun masih pas untuk berlari dengan nyaman.

Sabtu pagi di 1 Juli kemarin. Para pelari dari komunitas Run For Indonesia (RFI) sudah berkumpul di parkiran Flavor Bliss yang terletak di Alam Sutera, Tanggerang Selatan. Acara berlari yang dinamakan Lebarun Jemput Kawan Lari Alam Sutera ini dijadikan ajang kumpul untuk halal bihalal, karena masih dalam rangkaian libur Lebaran Idul Fitri.

Istilah “Jemput Kawan Lari” adalah ciri khas dari RFI jika sedang berlari di lokasi salah satu daerah dari komunitas RFI. RFI menyebut sesama anggotanya dengan “Kawan Lari”. Berdasarkan dengan visi misi dari terbentuknya RFI, yaitu komunitas yang mewadahi para kawan lari di Indonesia.

Kawan Lari yang sudah berkumpul di Flavor Bliss

Pukul 6 para peserta sudah bersiap untuk memulai berlari. Saya mencoba ikut melakukan pemanasan bersama yang lainnya. Senam-senam ringan untuk sedikit memanaskan tubuh. Pemanasan adalah salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum berlari. Jarak tempuh lari di pagi itu adalah 14,38K, dalam rangka menyambut Idul Fitri 1438H.

Kawan Lari sedang melakukan pemanasan sebelum berlari. (Sumber foto: facebook Run For Indonesia)

Di saat sesi pemanasan, ternyata ada beberapa pelari yang datang sudah dalam keadaan bermandi keringat. Di pagi itu ternyata ada beberapa Kawan Lari yang sudah berlari lebih pagi, yaitu sejak pukul 5 pagi.

Nama-nama di antaranya adalah Soehendro, Hendri Pardede, Agus Chandra, dan Erwin Lee. Mereka memiliki rute berlari dengan jarak 32K. Awalnya para kawan lari ini berlari 10K, kemudian melanjutkan lari bersama-sama dengan para peserta Lebarun Jemput Kawan Lari Alam Sutera dengan menghabiskan sisa jarak yang sudah ditargetkan.

Kawan Lari yang berlari sejak pukul 5 pagi untuk bisa menyelesaikan jarak tempuh 32K

Acara lari saat itu dipakai untuk latihan long run dalam rangka persiapan race di bulan Juli ini, seperti Bogor Sundown Marathon, Sentul Hill Trail Run (SHTR), dan juga Pocari Sweat Bandung West Java Marathon.

RUTE LEBARUN JEMPUT KAWAN LARI ALAM SUTERA

Setelah sekitar 10 menit pemanasan, para peserta akhirnya mulai melepaskan kakinya untuk berlari. Karena ini adalah lari fun, jadi para Kawan Lari ini berlari dengan santai sesuai pace masing-masing. Rute Lebarun Jemput Kawan Lari Alam Sutera dimulai dan diakhiri di Flavor Bliss.

Rutenya sebagai berikut:

Start- Km 1          Flavor Bliss-Living World-Binus Aso

Km 1-Km 2           Sport Center-SPBU-KFC-Giant-Ethnicraft

Km 2-Km 3           Ruko De Mansion-Subur Furniture-Rumah Sepeda

Km 3-Km 4           Pet Kingdom-Auto 2000

Km 4- Km 5         IKEA-Mal Alam Sutera

Km 5- Km 6         Synergy Building- Downtown Lake East

Km 6- Km 7         Sutera Pelangi

Km 7- Km 8         Sutera Orlanda- Sutera Mentari

Km 8 – Km 9       Saumata Apt- Saputra Ban

Km 9 – Km 10     Sutera Olivia- Electronic City- Brooklyn Apartemen

Km 10- Km 11     Binus Aso- Gereja St. Laurensia- Sekolah St. Laurensia

Km 11- Km 12     Sutera Narada- Sutera Magnolia- Sutera Danau Biru

Km 12- Km 13     Lake Club House- Sutera Telaga Biru

Km 13- Km 14     Sutera Riviera- Sutera Amaryllis- Living World

Km 14- Finish     Flavor Bliss

Kawan Lari sedang menempuh jarak 14,38K. (Sumber foto: Facebook Run For Indonesia)

Pukul 8.30 semua anggota yang berlari sudah kembali di Flavor Bliss. Langit pun sudah menyilaukan mata. Jarak 14,38K dalam rangka Lebarun Jemput Kawan Lari Alam Sutera ini akhirnya usai, termasuk yang memilih jarak 32K. Seperti biasanya, sesi berlari diakhiri dengan sesi sarapan bersama. Apalah arti lari tanpa makan, kan?

ACARA LARI DARI DAN UNTUK KOMUNITAS

Lebarun Jemput Kawan Lari Alam Sutera adalah acara lari halal bihalal RFI yang diselenggarakan, diikuti, dan disokong oleh sesama anggota di komunitas. Meski termasuk berlari fun, tetapi tetap memperhatikan keselamatan peserta. Masalah hidrasi untuk anggota yang berlari pun  menjadi prioritas.

Mobil yang dijadikan water station. (Sumber foto: Facebook Run For Indonesia)

Saya melihat 3 kendaraan beroda 4 yang berfungsi sebagai Water Station. Terdapat marshall yang standby di beberapa titik dan juga marshall yang berkeliling mengiringi pelari dengan sepeda dan mobil.

Untuk dokumentasi juga dianggap salah satu yang tidak bisa diabaikan. Beberapa kawan lari yang tidak ikut berlari untuk melakukan liputan foto dan video dengan kamera dan drone. Jadi ingat kata-kata seorang teman: “Lari yang penting PB. Poto Buanyak.”.

TENTANG RUN FOR INDONESIA

Kawan Lari berfoto bersama di Flavor Bliss. (Sumber foto: Run For Indonesia)

Run For Indonesia yang lebih dikenal dengan singkatan RFI dibentuk hampir 3 tahun yang lalu, yaitu pada tanggal 7 Desember 2014. Anggotanya seperti namanya, tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Terdapat 4 pembagian kategori grup, yaitu RFI Trail, RFI Triathlon, RFI regular, dan RFI regional.

Untuk RFI regular sudah terdapat 11 grup sedangkan RFI regional sudah terdapat 10 grup, yaitu RFI Makassar, RFI Kendari, RFI Soroako, RFI Bandung, RFI Serpong, RFI PIK, RFI Bogor, RFI Semarang, RFI Sidoarjo, RFI Ambon. Saat ini keanggotaan RFI sudah mencapai 3.000 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *