Selain bersepeda, pergi ke pusat kebugaran atau gym menjadi pilihan kaum urban untuk menjaga kesehatan.

Banyak jenis latihan yang bisa Anda lakukan di sana. Mulai dari angkat beban, sekadar berlari di atas treadmill, dan lain-lain.

Namun, bagi Anda yang belum pernah menjajaki gym dan ingin mencobanya, tentu bingung harus memulai dari mana?

Janga khawatir. Berikut ini tips bagi Anda yang ingin mulai berlatih di gym.

1. Umumkan
Tidak ada salahnya mengumumkan langkah sehat Anda ke orang lain. Anda juga bisa ‘pamer’ ke Facebook, Twitter atau Path. Kenapa? Dengan membiarkan ‘dunia’ tahu, Anda akan termotivasi untuk rutin melakukannya. Anda seperti punya tanggungjawab mental karena sekali saja bolos fitnes, bukan tidak mungkin orang-orang yang tahu akan memberi sindiran.

2. Cari Teman
Sendirian ke tempat fitnes saat baru pertama akan membuat canggung. Maka dari itu, coba ajak satu atau dua teman yang juga punya motivasi sama untuk olahraga. Selain itu Anda juga tetap termotivasi untuk rutin dan lebih semangat latihan. Anda juga harus mengingatkan dan memotivasi teman-teman melakukan hal yang sama. Agar teratur, tentukan hari dan jam wajib fitnes.

3. Siapkan Musik Favorit
Nge-gym bisa sangat melelahkan terutama bagi para pemula. Salah satu cara mengatasi agar lelah tidak terlalu terasa, dengarkanlah musik favorit yang bertempo upbeat. Saat mendengarkan alunan musik, Anda tidak akan selalu fokus pada gerakan latihan, durasi waktu dan rasa lelah. Musik membuat Anda ingin terus bergerak dan berlatih lebih maksimal.

4. Jangan Berlebihan
Pemula fitnes umumnya terlalu bersemangat sehingga berolahraga melebihi batas kemampuan. Satu hal yang paling penting, jangan melakukan itu! Anda tidak perlu lari menghabiskan waktu selama dua jam nonstop di gym demi mendapatkan tubuh langsing dan ideal. Hal itu hanya akan membuat tubuh kelelahan dan bukan tidak mungkin Anda akan pingsan. Cara yang tepat adalah fitnes sesuai kemampuan dan bertahap. Di minggu pertama, lakukan latihan selama 15 menit. Minggu berikutnya 20 menit, dan makin lama semakin tinggi intensitasnya. Tubuh pun akan terbiasa dan tidak kaget.

5. Fokus pada Tujuan Akhir
Di awal-awal, fitnes pasti akan membuat tubuh terasa lelah dan sakit-sakit. Jangan membuat Anda berhenti latihan karena hal itu. Yakinlah dengan disiplin dan motivasi yang kuat, Anda akan merasakan hasilnya. Badan lebih bugar, segar, tidak gampang sakit dan lelah, tidur juga lebih nyenyak. Manfaat olahraga biasanya sudah bisa dirasakan dalam beberapa minggu. Jadi setiap rasa malas datang, pikirkanlah target akhir yang akan Anda dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *