Bagi beberapa orang, terutama wanita, penampilan adalah segalanya. Tampilan harus oke dalam kondisi apa pun, termasuk ketika berlari.

Saat melakukan olahraga lari, rambut terhantam angin dan terpapar langsung dengan sinar matahari. Imbasnya adalah menjadi rusak.

Paparan sinar UVA dapat merusak lapisan kutikula yang merupakan lapisan terluar rambut. Jika lapisan kutikula rusak, maka rambut akan mudah patah dan kering.

Sinar UVA juga bisa merusak kulit kepala sehingga mudah terkontaminasi radikal bebas yang dapat mempercepat terjadinya penuaan rambut.

Jangan khawatir. Bagi Anda para wanita penggemar lari, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keindahan rambut serta kulit.

Seperti dikutip dari Walkjogrun, berikutnya ini tipsnya:

Konsumsi Vitamin C

Mengkonsumsi makanan mengandung vitamin C membuat rabut beserta kulit Anda tetap terdehidrasi.

Anda bisa mendapatkan vitamin C dari buah jeruk, apel, atau suplemen.

Jadikan Minyak Kelapa Teman Anda

Jika Anda memiliki tipe rambut kering, lindungilah dengan minyak kelapa. Dengan demikian, kelembaban rambut Anda akan terus terjaga.

Oleskan minyak kelapa sesaat sebelum pergi berlari ke luar.

Gunakan Topi

Kenakan topi agar rambut tidak bersentuhan langsung dengan angin atau sengatan sinar matahari. Penggunaan baju tangan panjang juga penting buat menghindari kulit dari sinar matahari.

Manjakan Diri Anda

Saat sedang tidak berolahraga pun, Anda perlu meluangkan waktu untuk memanjakan diri. Lakukan perawatan dengan memakai masker rambut sekali seminggu.

Anda bisa membuat masker rambut sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti campuran alpukat dan minyak kelapa.

Campuran tersebut berfungsi menghentikan potensi kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *