Puasa sebenarnya bisa menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk menurunkan berat badan. Namun, banyak orang yang justru mengalami kenaikan berat badan saat bulan puasa.

Walaupun waktu makan saat puasa hanya dua kali, yaitu saat buka puasa dan sahur, namun porsi makan yang banyak saat puasa dapat membuat berat badan naik saat puasa. Lalu, bagaimana cara mencegah agar berat badan tidak naik saat puasa?

Mencegah berat badan naik saat puasa

Berat badan naik dapat terjadi jika kalori yang masuk ke tubuh Anda dari makanan lebih besar dibandingkan kalori yang Anda pakai saat melakukan aktivitas. Sehingga, untuk mencegah kenaikan berat badan saat puasa, yang harus Anda perhatikan adalah pola makan dan aktivitas fisik.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat buka dan sahur untuk mencegah berat badan naik saat puasa seperti dilansir Hellosehat adalah:

Berbuka dengan yang manis memang dianjurkan agar bisa dengan cepat mengganti energi Anda yang hilang saat puasa, namun jangan sampai jumlahnya berlebihan.

Kurangi konsumsi gorengan atau makanan yang digoreng. Makan gorengan saat buka puasa memang nikmat, namun kalori yang disumbangkan ke tubuh Anda dari gorengan sangat banyak.

Konsumsi makanan sumber karbohidrat, seperti nasi dan mie, saat buka dan sahur. Lebih baik lagi jika Anda mengonsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak serat yang dapat membantu Anda mempertahankan energi dan kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda dari makan berlebih.

Konsumsi makanan sumber protein, seperti ayam, ikan, daging, dan telur. Akan lebih baik jika dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang, sehingga tidak menambah lebih banyak kalori pada makanan. Protein juga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Konsumsi makanan sumber vitamin dan mineral. Bisa Anda dapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan setidaknya 5 porsi saat buka puasa dan sahur. Ini dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat dalam sehari.

Cukupi kebutuhan cairan Anda, setidaknya 8 gelas per hari, untuk mencegah dehidrasi saat puasa. Minuman yang paling baik Anda konsumsi adalah air putih.

Batasi konsumsi minuman manis, seperti teh manis, minuman manis dalam kemasan, dan sirup. Tanpa Anda sadari, minuman ini bisa menyumbang kalori berlebih ke dalam tubuh Anda.

Batasi juga minuman berkafein, seperti teh, kopi, dan minuman bersoda. Minuman ini dapat mendorong tubuh Anda kehilangan cairan lebih banyak, sehingga meningkatkan risiko dehidrasi.

Setelah makan saat buka dan sahur, sebaiknya jangan langsung tidur. Beri waktu pada tubuh Anda untuk mencerna semua makanan yang Anda konsumsi. Langsung tidur setelah makan justru dapat membuat berat badan naik dan tidur Anda kurang nyenyak.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *