Bugaraga – Setiap orang punya tujuan berbeda dalam melakukan olahraga. Ada yang ingin menjaga kesehatan, ada pula yang bermaksud membentuk tubuh agar terlihat oke.

Dalam membentuk tubuh lewat olahraga, tidaklah bisa sembarangan. Kita musti paham dulu bentuk bodi kita sendiri

Dunia kebugaran mengenal tiga bentuk badan manusia yaitu endomorph, mesomomorph, dan ektomorph. Ketiganya punya ciri-ciri fisik yang berbeda.

Ketiga tipe fisik tersebut berhubungan dengan olahraga apa yang cocok untuk dipilih. Salah pilih, target yang diinginkan tak akan bisa dicapai.

Berikut ini tiga tipe tubuh manusia dan olahraga yang cocok untuknya.

Endomorph

Orang bertipe badan endomorph tak cocok berolahraga joging atau aktivitas lain yang punya high impactdengan tanah.

Justru olahraga yang berdampak ringan (low impact) atau tanpa dampak sama sekali (no impact) lebih seru jadi pilihan. Misalnya bersepeda, jalan kaki atau berenang.

Pilihlah semua olahraga yang tidak membuat tubuh terlalu tegang. Contoh para endomorph adalah aktor John Goodman (Mr. Flinstone) dan Jack Black (School of Rock).

Mesomomorph

Contoh para pemilik tipe mesomorph adalah Bruce Willis, Sylvester Stallone, dan mayoritas juara Mr. Universe. Mereka sudah punya body keren tanpa olahraga.

Jadi, sebenernya mereka tak perlu tuh susah payah. Cukup joging atau lari pendek aja bentuk bodi mereka bakal terjaga.

Para mesomorphsangat cocok dengan olahraga jalan kaki atau lari jarak pendek (lari 5 km). Tapi, jangan coba-coba maraton. Apalagi olahraga yang perlu keseimbangan, kekuatan, daya dan ketangkasan kayak silat.

Ektomorph

Orang-orang ektomorph tak terlalu bagus untuk jadi atlet renang. Pasalnya lemak mereka kesedikitan buat mengapung. Lari cepat juga nggak baik buat tipe badan ini. Ini menjelaskan mengapa atlet lari 100 meter berbodi atletis, sementara atlet jarak jauh bodinya tips-tipis.

Ciri lainnya, mereka punya jari-jari yang panjang baik di kaki maupun tangan. Kulit mereka cenderung gampang terbakar matahari dan gampang kepanasan. Lemak yang sedikit membuat mereka juga gampang kedinginan.

Contoh orang bertipe ektomorph adalah atlet-atlet atletikyang bodinya kurus itu, Lisa Kudrow (Phoebe dalam film Friends), Brad Pitt dan Edward Norton (Fight Club).

Tipe ektomorphcocok buat olahraga joging,lompat tali, bola basket, tenis dan olahragaolahraga yang pake raket dan ski lintas alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *