Berlari memang aktivitas yang mudah selain bersepeda. Selain itu juga, berlari merupakan olahraga yang terjangkau dari sisi biayanya.

Namun, sebagai penggemar olahraga lari seringkali merasakan nyeri atau rasa tidak nyaman di sekitar sisi depan lutut. Bahkan nyeri tersebut berlangsung lama dan membatasi gerakan berlari anda.

Nyeri lutut tersebut sering disebut denganPatellofemoral Pain Syndrome (PFPS), yaitu kumpulan gejala nyeri yang berada sisi depan lutut.

PFPS ini ditemukan karena adanya letak tulang patella sendi lutut bergeser dari letak normalnya. Sehingga sering ditemukan nyeri di tendon patella, serta di sisi samping luar dan dalam patella.

Nyeri pada PFPS ini dirasakan saat gerakan squat,lunges, dan naik-turun tangga. Saat berlari akan ditemukan rasa pegal berlebih pada ototquadriceps sisi lutut yang mengalami nyeri.

Hal tersebut dikarenakan adanya penurunan kekuatan otot quadriceps dalam menstabilkan posisi tulang patella dan menimbulkan bengkak setelah berlari.
Selain itu, PFPS ini juga disebabkan oleh bentuk telapak kaki yang datar sehingga postur sendi lutut berbentuk huruf X (valgus), serta lemahnya otot pantat (gluteus) dantensor facia latta (TFL) yang menyebabkan ketegangan tendon otot Illiotibial Band (ITB). Kasus seperti ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Adapun penanganan tepat yang dapat Anda lakukan sendiri adalah sebagai berikut :

1. Gunakan Es Batu untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak

2. Gunakan Open Patella Knee Support untuk menstabilkan patella dan menghindari gesekan pada tulang patella terhadap tulang femur.

3. Gunakan sepatu dengan insole yang memiliki bentuk lekukan (arcus) yang tinggi pada sisi dalam kaki untuk mengkoreksi postur sendi lutut.

4. Berikan pijatan pada tendon otot Illiotibial Banddengan menggunakan bola atau foam roller untuk menurunkan ketegangan otot tersebut.

 

5. Lakukan penguatan otot pantat (gluteus) danside bridge untuk menstabilkan sendi panggul.

6. Gunakan kinesiotaping untuk membantu kinerja otot quadriceps, namun memerlukan saran dari ahli fisioterapi.

Jika cara di atas tidak mengurangi nyeri dan membantu kerja tubuh saat berlari, anda dapat menggunakan obat-obatan NSID.

Selain itu, anda juga bisa berkonsultasi kepada fisioterapi untuk mendapatkan penanganan agar dapat berlari tanpa nyeri dan dengan stabilitas serta kekuatan otot yang lebih baik dari sebelumnya. Tentu saja, anda akan mendapatkan evaluasi untuk mengukur kemampuan anda secara objektif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *