Melakukan olahraga atau aktivitas fisik merupakan salah satu pilar gizi seimbang. Ya, dengan melakukan olahraga setiap hari, kita membantu tubuh untuk menciptakan keseimbangan antara energi yang didapat dengan energi yang dikeluarkan.

Untuk itu, setiap orang disarankan untuk melakukan olahraga setiap hari. Tidak perlu yang susah, olahraga bisa dilakukan dengan berjalan, senam, jogging, bersepeda, maupun bermain sepak bola dengan teman, dan lainnya.

Di Indonesia sendiri, kita direkomendasikan untuk melakukan olahraga selama 150 menit dalam seminggu atau 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu.

U.S. Department of Health and Human Services juga merekomendasikan untuk melakukan olahraga selama setidaknya 150 menit per minggu dalam bentuk olahraga intensitas sedang (seperti jalan cepat dan berenang ) atau selama 75 menit per minggu dalam bentuk olahraga intensitas tinggi (seperti berlari).

Waktu ini bisa kita bagi-bagi dengan teratur setiap harinya. Umumnya, kita bisa melakukan olahraga setidaknya selama 30 menit setiap hari.

Jika bertujuan untuk menurunkan berat badan atau untuk tujuan kebugaran tertentu, kita mungkin harus meningkatkan waktu olahraga.

Menurut Russell Pate, Ph. D, anggota komite penasihat pedoman diet Amerika Serikat, jika kita sudah melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari, tetapi masih mengalami kenaikan berat, kita perlu untuk meningkatkan waktu olahraga sampai 60 menit setiap hari untuk mencegah kenaikan berat badan, seperti dilansir dari Web MD dan Kompas.com.

Dan batasnya adalah selama 90 menit setiap hari bagi orang yang kelebihan berat badan (overweight), kehilangan berat badan dalam jumlah besar, dan yang mempertahankan penurunan berat badan jangka panjang, lanjut Pate.

Jadi, jika kamu mempunyai berat badan normal, kamu cukup melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari. Jika ingin mengontrol berat badan, disarankan untuk melakukan olahraga selama 60 menit setiap hari.

Sedangkan, jika ingin menurunkan berat badan, kita perlu melakukan olahraga yang lebih lagi, yaitu selama 90 menit setiap hari. Ingat, jangan lebih dari ini karena terlalu lama melakukan olahraga juga tidak baik.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *